Kamis, 6 Oktober 2022

Balap Sepeda, Surabaya Dominasi Nomor Criterium

Diunggah pada : 2 Juli 2022 15:59:17 161
Sumber foto: KONI Jawa Timur

Jatim Newsroom - Dua pebalap sepeda Kota Surabaya, Rasya Ramadhani dan Syahla Syafiah meraih medali emas di cabor balap sepeda nomor criterium, Jumat (1/7/2022).

Kota Surabaya mempertegas dominasinya di disiplin road race cabang olahraga (Cabor) Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII 2022. Skuad Kota Pahlawan menambah dua medali emas melalui aksi Rasya Ramadhani dan Syahla Syafiah dari nomor criterium.

Balapan berlangsung sirkuit sepanjang 1,26 kilometer. Start dan finisnya di depan Kantor Bupati Lumajang. Para pembalap putri harus mengitari sirkuit ini hingga 15 lap yang terbagi dalam lima kali sprint. Total jaraknya 18,9 kilometer. Sedangkan pembalap putra harus menempuh total jarak 26,46 kilometer. Terbagi dalam 21 lap dan tujuh kali sprint.

Rasya merebut medali emas setelah menjadi pendulang angka terbanyak dengan 23 poin. Posisi kedua ditempari M. Adji Bayu Pamungkas asal Sidoarjo dengan total 14 poin. Sementara peringkat ketiga dihuni Naufal Farhan Nugie Murtadho dari Kota Madiun dengan torehan 9 poin.

Sementara Syahla merebut emas setelah mengumpulkan 19 poin. Medali perak direbut pembalap asal Kabupaten Probolinggo, Aisyah Putri Aprilia dengan torehan 11 poin. Sedangkan medali perunggu diamankan Balqis Humairah Aji Khairunnisa (Kota Malang) dengan 7 poin. Ini adalah emas kedua Syahla di Porprov VII 2022. Sebelumnya, dia menjadi yang terbaik di nomor indivual time trial (ITT)

“Sebelum berangkat ke Porprov 2022, kami sudah pamit ke KONI dan Dispora Surabaya bahwa targetnya satu medali emas. Sebab kami tidak mendapatkan emas dalam Porprov 2019. Hanya meraih perunggu. Alhamdulillah hingga hari kedua nomor road race ini kami sudah mendapatkan tiga medali emas,” bilang Krisyanto, pelatih tim balap sepeda Surabaya.

Nomor road race masih menyisakan tiga medali emas yang diperebutkan, yakni individual road race (IRR) putra dan putri, serta beregu putra. Menurut Kriyanto, Kota Pahlawan masih berpeluang menambah emas di beregu putra. 

Hasil Criterium Putri (Top 3)

Syahla Syafiah (Surabaya), Aisyah Putri Aprilia (Kabupaten Probolinggo), dan Balqis Humairah Aji Khairunnisa (Kota Malang)

Hasil Criterium Putra (Top 3)

Rasya Ramadhani (Surabaya), M Adji Bayu Pamungkas (Sidoarjo), dan Naufal Farhan Nugie Murtadho (Kota Madiun).(ghf/hjr)

 

#surabaya #PORPROV Jatim #balap sepeda