Jumat, 17 Mei 2024

100 TKSK Jatim Ikuti Capacity Building Pilar-Pilar Sosial

Diunggah pada : 24 Agustus 2022 13:08:39 235
Kadis Sosial Jatim Dr Alwi M Hum foto bersama dengan Peserta Capacity Building

Jatim Newsroom - Sebanyak 100 Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) mengikuti Capacity Building (Pengembangan Kapasitas) untuk meningkatkan kemampuan baik individu, kelompok, masyarakat maupun lembaga sosial, dari aspek pengetahuan, keterampilan maupun sikap dan perilaku Pilar-Pilar Sosial.

Dari 100 orang TKSK,  terdapat beberapa angkatan, terdiri dari Angkatan I sebanyak 50 orang dan Angkstan II 50 orang. 

Kepala Dinas Sosial Jawa Timur, Alwi, di kantornya, Rabu (23/8/2022) mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakan Capacity Building yaitu untuk meningkatkan motivasi, partisipasi dan kapasitas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) sebagai salah satu Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) di wilayah Kecamatan. Diharapkan petugas memiliki kemampuan dan kecakapan dalam penanganan permasalahan sosial serta pendampingan kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

"'Terdapat beberapa hal yang perlu saya sampaikan pada kesempatan ini untuk menjadi perhatian bersama, yaitu  TKSK agar kembali ke tugasnya, membantu Kementerian Sosial, Dinas Sosial Provinsi dan Dinas Sosial Kab/Kota dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial di tingkat Kecamatan. Meliputi rehabilitasi sosial, perlindungan sosial dan jaminan sosial, serta pemberdayaan social, TKSK agar melaksanakan fungsinya dengan baik sesuai Permensos Nomor 28 Tahun 2018," ujar Alwi.

Koodinasi, Fungsi Fasilitasi dan Fungsi Administrasi, TKSK agar bergerak cepat memanfaatkan jejaring dan berkoordinasi dan bersinergi dengan pihak-pihak terkait dan para pemangku kepentingan agar pelayanan terhadap PPKS dapat optimal.

Sementara Ketua Pelaksana, Sufi Agustini, yang juga kepala bidang Penanganan Fakir Miskin dan Pemberdayaan Sosial Dinsos Jatim, mengatakan, sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah dari kegiatan ini Kodam V Brawijaya dan Dinsos Jatim. 

Daftar materi pelatihan pada kegiatan Capacity Building TKSK Tahun 2022, yaitu pentingnya kedisiplinan dan jiwa korsa pada setiap pribadi TKSK, Bekerja Bersama, Sama-Sama Bekerja, Peran Warga Negara Dalam Bela Negara, Membangun Semangat, Rela Berkorban Untuk Sesama; Pilar Sosial dan Peran Membangun Bangsa Yang Sejahtera, Pendataan PMKS dan PSKS serta Penanganan Kasus dan Praktek Pelayanan Kesejahteraan Sosial.

Melalui kegiatan ini, diharapkan, ada peningkatan kemampuan dan kapasitas TKSK dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, terbentuknya jejaring kerja antar TKSK se-Jawa Timur, dan  terbentuknya kerjasama yang baik antara Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur dengan Kodam V Brawijaya dalam pembinaan dan pengembangan kompetensi Pilar-Pilar Sosial.(her/s)

 

#dinsos jatim