Sabtu, 27 April 2024

Wabub Ponorogo Apresiasi DPRD Ponorogo Produktif Telorkan Perda Inisiatif

Diunggah pada : 1 November 2022 7:38:19 16
Wakil bupati Ponorogo Lisdyarita saat mengikuti rapat paripurna di DPRD Ponorogo, Senin (31/10/2022)

Jatim Newsroom - Tak mau kalah dengan mitranya di eksekutif, DPRD Ponorogo memaksimalkan fungsi legislasinya. Tiga rancangan peraturan daerah (raperda) disorongkan ke rapat paripurna untuk dibahas bersama pemerintah kabupaten (pemkab) setempat. Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita mengakui tiga raperda inisiatif dewan itu berkorelasi erat dengan kebutuhan masyarakat sekarang ini. 

‘’Bagaimana daerah memberdayakan dan melindungi PKL (pedagang kaki lima), mengelola pasar tradisional, serta menanggulangi bencana,’’ kata Bunda Rita sapaan Wabup Lisdyarita usai mengikuti rapat paripurna di DPRD Ponorogo, Senin (31/10/2022), tentang tiga judul raperda inisiatif itu. 

Menurut dia, DPRD melalui hak inisiatifnya ingin memperjuangkan kepentingan masyarakat dalam bentuk produk hukum. Bunda Rita memandang Ponorogo kini maju dan berkembang sehingga perlu penyesuaian peraturan perundangan yang mengimbanginya.

‘’Peraturan daerah sebagai salah satu produk hukum sebenarnya sesuatu yang melekat dengan sistem otonomi daerah,’’ terangnya.

Masih kata Bunda Rita, fungsi legislasi DPRD bertujuan demi terlaksananya penyelenggaraan pemerintahan demokratis dan pembangunan yang berkualitas di tingkat lokal. Jika tiga raperda inisiatif itu sudah kelar menjadi peraturan daerah, maka status PKL di Ponorogo bakal jelas. Bersamaan itu, keberlangsungan pasar tradisional semakin terjaga. ‘’Penanganan dan penanggulangan bencana lebih cepat dan tepat,’’ jelasnya. (why/n)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo