Sabtu, 27 April 2024

Voli Pantai Beregu Porprov Jatim VIII, Medali Emas Putri Direbut Sumenep, Emas Putra Diraih Sidoarjo

Diunggah pada : 17 September 2023 1:14:58 227

Jatim Newsroom – Cabang olahraga voli pantai menuntaskan seluruh pertandingannya Sabtu (16/9/2023) petang. Perebutan medali sejak pagi berlangsung ketat. Diwarnai satu golden match, perolehan skor pada tiap set terpaut tipis pada seluruh pertandingan.

Hasil akhirnya, di nomor beregu putri medali emas diraih Kabupaten Sumenep, medali perak Kabupaten Sidoarjo dan medali perunggu oleh Kota Malang. Sedangkan di nomor beregu putra medali emas diraih Kabupaten Sidoarjo, medali perunggu oleh Kota Surabaya dan medali perak diraih oleh Kota Malang.

Perolehan medali pertama kali direbut oleh Tim Voli Pantai Putri Beregu Kota Malang yang mengalahkan tim Kabupaten Malang 2-0 dengan skor 21-19 dan 25-23 pada tim 1, dan dengan skor 21-8 dan 21-11 pada tim 2. Mereka berhak mendapatkan medali perunggu.

Peraih medali kedua adalah Tim Voli Pantai Putra Beregu Putra Kota Malang. Tim ini mengalahkan tim Kabupaten Pamekasan dengan skor grup 2-1. Golden match terjadi pada tim 1 dengan skor 21-14, 21-23 dan 15-9. Sedangkan di tim 2, Kota Malang menekuk Pamekasan dengan 21-16 dan 21-12. Tim Kota Malang meraih medali perunggu.

Medali emas di nomor beregu putri diperebutan secara sengit oleh Kabupaten Sumenep dan tuan rumah, Kabupaten Sidoarjo. Di akhir, Sumenep yang merupakan meraih medali emas Porprov 2022, kembali membawa pulang medali tertinggi pada Porprov 2023. Kemenangan tim putri beregu Sumenep dibuka oleh pasangan Nabila Purwita dan Nabila Dwi Saraswati yang mengalahkan tim Kabupaten Sidoarjo yang digawangi oleh Shafira Azekiya dan Mido Maya Saputri. Skornya ketat, 21-19 dan 21-18.

Tim Beregu Putri 2 Sumenep, Dinul Koyymah-Normala Sefia Firdaus mengalahkan Tim Beregu Putri 2 Kabupaten Sidoarjo yang diawaki Desita Pidie Finistyasa dan Anggun Setya Wardani. Skornya juga ketat, 21-18 dan 21-14. Tim putri Kabupaten Sidoarjo harus puas mendapatkan medali perak.

Di kelas putra, perebutan medali emas juga berlangsung seru. Dua tim di dua pertandingan beregu ini saling ‘jual beli’ smash dan block. Tim Beregu Putra Sidoarjo 1, Danang Herlambang-Moch Wahyu Wijaya, menumbangkan tim Kota Surabaya, Regar Renata-Miftakhul Ulum, dengan skor 21-15 dan 21-16. Sedangkan Tim Putra Sidoarjo 2, Bagas Rusdiyanto-Moh Zaki Prasetyo, mempecundangi Tim Kota Surabaya 2, Ageng Wardoyo-Raihan Rifki Muzakki dengan skor 21-15 dan 21-19.

“Dari hasil pertandingan ini kita melihat perolehan medali cukup merata. Itu artinya pembinaan voli pantai yang mulai tumbuh di daerah-daerah dan tidak didominasi oleh daerah tertentu saja,” ungkap Kepala Puslatda Voli Pantai PBVSI Bambang ‘Wawan’ Eko Suhartawan usai seluruh pertandingan final.

Pria yang juga control comittee porprov kali ini berharap usai Porprov VIII Jatim, PBVSI dan pembina keolahragaan di daerah-daerah bisa membangkitkan voli pantai di Jawa Timur. Sebab sebagai penjaringan atlet Pra-PON dan PON, Porprov kali ini belum terlihat menghadirkan pevoli pantai yang cukup handal.

“Kami belum melihat atlet potensial untuk dibawa ke kejuaraan voli pantai tingkat nasional. Ya ada dua atau tiga yang tehnik dan posturnya bisa dikembangkan. Dan itu kurang banyak. Jadi, mari seluruh daerah untuk mengembangkan voli pantai ini,” tutur Wawan.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Sumenep Sutan hadi Cahyadi yang hadir memberi dukungan kepada timnya mengatakan, pencapaian tim putri dari Sumenep sangat membanggakan. Ia meyakini hal ini tidak lepas dari pembinaan PBVSI Sumenep yang cukup apik. 

“Tentu akan kita siapkan untuk menghadapi kejuaraan-kejuaraan voli pantai di masa mendatang,” ujarnya singkat. (deo/hjr)

Perolehan medali cabor voli pantai nomor beregu Porprov VIII Jatim 2023

Beregu Putri

Medali Emas - Kabupaten Sumenep

Medali Perak - Kabupaten Sidoarjo

Medali Perunggu – Kota Malang

Beregu Putra

Medali Emas – Kabupaten Sidoarjo

Medali Perak – Kota Surabaya

Medali Perunggu – Kota Malang  

#PORPROV Jatim