Senin, 28 November 2022

UPT RSBN Dinsos Jatim Gelar Kegiatan Pembacaan Maulid Diba' dan Kajian Kitab Fiqih

Diunggah pada : 12 Juli 2022 18:05:32 45
thumb

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Netra Malang (UPT RSBN) Malang Dinas Sosial (Dinsos) Jatim rutin mengadakan kegiatan ibadah diba’ bagi para penerima manfaat (PM) Disabilitas Netra (distra).

Diba’ merupakan tradisi membaca atau melantunkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW yang dilakukan bersama secara bergantian. Kitab Diba’ adalah salah satu dari sekian banyak kitab klasik yang tidak masuk di dalam pengajaran pesantren, namun akrab dan populer digunakan oleh masyarakat pesantren.

Kepala UPT RSBN Malang, Firdaus Sulistijawan, mengapresiasi para PM yang akan melakukan pembacaan Maulid Diba'. Menurut dia, kegiatan ini sebagai pembelajaran yang nantinya akan berguna bagi PM saat terjun ke masyarakat. Dia juga menegaskan bahwa kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin bagi para PM.

"Dari awal hingga akhir pembacaan kitab Maulid Diba' oleh para PM sangat bersemangat," ujar Firdaus, Selasa (12/7/2022).

Pada pembacaan Maulid Diba' dan kajian kitab fiqih pada Senin (11/7/2022) kemarin, dipimpin oleh instruktur hadrah dan beberapa PM. Para PM sangat bersemangat dalam melantunkan syair-syair yang ada di dalam kitab Maulid Diba' yang berisi pujian-pujian serta sejarah bagi Nabi Muhammad SAW dan kajian kitab fiqih.(Sas/s)

#jatim #dinsos