Kamis, 13 Juni 2024

Satpol PP Ponorogo Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaam Selama Libur Lebaran

Diunggah pada : 3 April 2024 11:36:40 64
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Ponorogo Eko Edi Suprapto. Foto : Erwin suganda

Jatim Newsroom - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Ponorogo, Eko Edi Suprapto, imbau masyarakat tingkatkan kewaspadaan selama masa mudik lebaran.

‘’Banyak orang mudik sekaligus pemudik yang datang, risiko gangguan ketertiban umum dan ketenteraman juga ikut meningkat. Belum lagi bahaya kebakaran,’’ kata Eko, Selasa ((2/4/2024).

Apalagi, dia mencatat 11 kali kebakaran terjadi sepanjang Januari hingga awal April 2024 ini. Masing-masing lima kali akibat korsleting listrik dan kebocoran  tabung liquified petroleum gas (LPG), serta sekali karena api las yang menyambar benda mudah terbakar.

‘’Kebakaran lebih dipicu faktor human error (kelalaian manusia). Hindari penyebab kebakaran seperti memeriksa stop kontak, keamanan sambungan kompor ke tabung LPG, dan mematikan obat nyamuk bakar,’’ pesan Eko sembari menyebut Damkar Ponorogo membuka layanan nomor telepon 0821-6006-3113 atau 0851-7696-3113 untuk laporan kebakaran. 

Dia juga meminta warga memastikan kondisi rumah dalam keadaan aman jika hendak bepergian. Lebih bijak menitipkan kunci rumah ke tetangga dekat atau ketua rukun tetangga (RT) jika bepergian dalam waktu lama. Eko tidak lupa mengingatkan ancaman aksi pencurian yang menyasar rumah kosong karena semua penghuninya bepergian. ‘’Tingkatkan kewaspadaan untuk meminimalisasi risiko,’’ jelasnya. 

Selama libur Lebaran, jajaran Satpol PP dan personel Damkar Ponorogo tetap bertugas jaga di kantor. Namun, Eko mengimbau masyarakat berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban. ‘’Harapannya di Ponorogo tidak terjadi tindak pidana pencurian maupun kebakaran,’’ ungkapnya. (why)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo