Minggu, 16 Juni 2024

Pemkab Ponorogo Fasilitasi Bus Gratis untuk Pemudik Balik ke Jakarta dan Bekasi

Diunggah pada : 16 April 2024 19:43:43 69
Pemudik asal Ponorogo memanfaatkan fasilitas balik naik bus gratis dengan tujuan Jakarta dan Bekasi, Selasa (16/4/2024). Foto : dok.pemkabponorogo

Jatim Newsroom - Fasilitas balik naik bus gratis atas prakarsa Pemkab Ponorogo dan Polres Ponorogo mengundang antusias tinggi dari pemudik dengan tujuan pulang ke Jakarta dan Bekasi. Ada empat armada bus yang disiapkan dengan waktu trip (perjalanan), Selasa (16/4/2024) dan Kamis (18/4/2024).

‘’Semoga dapat meringankan beban masyarakat yang ingin kembali ke perantauan.  Semua urusan mereka dalam mencari rezeki mendapat kemudahan dan perlindungan  dari Allah,’’ kata Bupati Sugiri Sancoko saat melepas satu armada bus berpenumpang sekitar 50 pemudik dengan tujuan Jakarta dan Bekasi dari depan Paseban, Selasa (16/4/2024). 

Pihaknya berupaya menyediakan angkutan balik gratis setiap Lebaran tiba. Program balik mudik gratis itu bertujuan memberikan kenyamanan dan keamanan. Kang Bupati –sapaan Bupati Sugiri Sancoko—mengaku tidak tega pemudik dari Ponorogo berdesakan di terminal yang penuh penumpang. ‘’Kita akomodir kepentingan pemudik yang pulang kampung menggunakan bus umum,’’ jelasnya.  

Ketua Sedulur Warok Ponorogo (SWP) Bekasi, Sucipto, yang ikut berada di deretan penumpang mengakui fasilitas balik gratis itu membantu pemudik. Sebab, harga tiket pulang ke Jakarta selama tarif Lebaran di atas Rp 500 ribu. Tak jarang, pemudik membawa enam anggota keluarganya saat pulang kampung. ‘’Uang untuk beli tiket dapat dimanfaatkan untuk biaya hidup di perantauan,’’ ungkap Sucipto. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Ponorogo, Wahyudi, mengatakan, masih tersedia tiga armada bus yang siap mengantarkan para pemudik balik ke Ibu Kota. Satu armada sudah terisi penumpang untuk tanggal pemberangkatan 18 April 2024. ‘’Dua armada bus masih kosong, silakan mendaftar,’’ ujar Wahyudi. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo