Kamis, 2 Mei 2024

UPT RSBLK Tuban Berikan Bimbingan Sosial PM Eks Kusta

Diunggah pada : 22 April 2022 13:47:53 86

Jatim Newsroom - Pemprov Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Rehablitasi Sosial Bina Lara Kronis (UPT RSBLK) Tuban memberikan bimbingan sosial kepada para penerima manfaat (PM) berupa motivasi tentang budi pekerti luhur di aula klien UPT RSBLK Tuban.

Kepala UPT RSBLK Tuban, Adi Swasono, menyampaikan, kegiatan bimbingan sosial merupakan kegiatan seksi Rehabilitasi Sosial yang bertujuan membentuk karakter klien eks kusta yang luhur, berjiwa sosial, peduli kepada sesama, saling menghargai dan saling memiliki antar sesama penerima manfaat di UPT RSBLK Tuban.

“Kami berharap, kegiatan bimbingan sosial ini mampu memberikan pemahaman kepada klien kami terkait nilai nilai luhur dari manusia yang mampu memanusiakan manusia. Dengan menghargai sesama, gotong royong, dan merasa menjadi saudara, akan lebih mempererat tali persauadaraan sesama PM eks kusta," terangnya.

Menurut Adi, hal inilah yang merupakan bekal penting setelah PM eks kusta kelak kembali ke masyarakat untuk lebih bisa berjiwa sosial dan menjadi makhluk sosial yang baik dan berbudi luhur.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial UPT RSBLK Tuban, Umar Fariq,  menyampaikan , bimbingan sosial merupakan bagian dari alur rehabilitasi sosial kepada klien eks kusta pada UPT RSBLK Tuban. Dalam kegiatan ini, klien diberikan wawasan tentang ilmu sosial, dengan harapan mampu menjadi manusia yang berjiwa sosial setelah kembali ke masyarakat.

“Dalam pekan ini, tema yang diberikan instruktur adalah tentang keistimewaan manusia, yang memiliki hak untuk dihargai, manusia yang memiliki bakat yang bisa dikembangkan, dan kiat-kiat menjadi manusia yang baik," ujarnya.

Selain itu, para PM juga dibimbing bagaimana mengenali potensi diri, yakni dengan mempunyai niat, selalu berpikir positif, berkomitmen, tidak merendahkan orang lain, menerima kritik yang membangun, dan konsisten dengan apa yang dikerjakan.(her/s)

#dinsos