Senin, 6 Mei 2024

UPT RSBL Kediri Dinsos Jatim Pelaksanaan Inovasi Jalak Wadul Mas

Diunggah pada : 19 April 2022 14:41:39 97

Jatim Newsroom - Unit Pelaksanaan Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Laras Kediri (UPT RSBL) Kediri Asrama Caruban melaksanakan kegiatan Inovasi Jalak Wadul Mas yang berlokasi di Desa Sukosari Kec. Dagangan Kab. Madiun, Selasa ( 19/04/2022).

Kepala UPT RSBL Kediri, Singgih Tri Wimbanu, mengatakan kegiatan Jalak Wadul Mas merupakan kegiatan  untuk para ODGJ yang tidak tertampung di UPT, mengingat daya tampung UPT yang terbatas. Dengan kegiatan ini bisa memberi edukasi, motivasi baik kepada ODGJ dan juga keluarga, sehingga bisa memperlakukan ODGJ dengan manusiawi.

Kabid Rehabsos Kab Madiun, Agung Budiarto, sangat mendukung kegiatan ini dan berharap kegiatan ini bisa berlangsung terus menerus, dan Kabid Rehabsos juga menginginkan untuk daya tampung di UPT ditambah sebab di Kabupaten Madiun ini ada sekitar 2.500 ODGJ yang ditangani.

Kegiatan ini diawali dengan assesment kepada PM, nama,alamat  dan sebab musabab PM mengalami stres, pemberian motivasi agar tidak kambuh, dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan, serta terakhir pemberian tali asih kepada PM.

Kepala UPT RSBL Kediri melalui, Tarmini, selaku Kepala Seksi Rehabsos berharap agar kegiatan ini bisa dilaksanakan dan didukung oleh Dinas Sosial Kabupaten Madiun dan juga TKSK agar memberikan pemahaman kepada keluarga dan masyarakat sekitar tentang pentingnya peran serta mereka dalam proses pengembalian fungsi sosial disabilitas mental di wilayahnya.

Dengan kegiatan ini untuk menyadarkan masyarakat bahwa disabilitas mental merupakan tanggung jawab bersama baik keluarga,masyarakat dan juga lingkungan sekitar. Karena pada dasarnya negara tidak mungkin mampu menangani sendiri tanpa dukungan semua pihak

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Kabupaten Madiun Drs Agung Budiarto yang didampingi oleh KUPT RSBL Kediri Singgih Tri Wimbanu, Kepala Desa Sukosari Kusno, TKSK Dagangan, Puskesmas dan juga wartawan serta Tim dari UPT RSBL Kediri Asrama Caruban. (her/s)

#dinsos