Jumat, 26 April 2024

UPT RSBG Tuban Kenalkan Aneka Warna pada PM melalui Kertas Lipat

Diunggah pada : 25 April 2022 21:00:42 82

Jatim Newsroom - Pemprov Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (UPT RSBG) Tuban mengadakan kegiatan 'Senin Bermain' dengan mengenalkan aneka warna pada PM melalui kertas lipat. Kegiatan ini dipandu oleh pendamping dari Seksi Rehabilitasi dan Pelayanan, serta Pekerja Sosial.

Kegiatan diikuti oleh PM putra dan PM putri yang bertempat di ruangan berbeda, yaitu lobi asrama Rajawali untuk PM putra dan lobi asrama Melati untuk PM putri.

Kegiatan diawali dengan bernyanyi bersama, kemudian kertas lipat beraneka warna yang telah dipotong menjadi kecil-kecil dibagikan kepada PM. Selanjutnya pemandu acara menginstruksikan PM untuk mengangkat setinggi-tingginya kertas lipat tersebut dengan warna sesuai yang disebutkan pendamping.

Meski nampak sederhana, namun melalui ekspresi yang tergambar pada wajah PM, terlihat PM merasa gembira dapat mengikuti kegiatan mengenal aneka warna. Beberapa PM mampu mengikuti instruksi yang diberikan pendamping, sebagian masih bingung menentukan warna dan masih membutuhkan bantuan. 

Pekerja Sosial, Sugiantoro yang memandu kegiatan ini, Senin (25/4/2022) mengatakan, dibutuhkan pengenalan secara berulang hingga PM hafal semua warna.

Selain bertujuan agar PM mengenal warna, kegiatan ini juga dapat menstimulasi kemampuan motorik halus dan visual dasar PM disabilitas intelektual tentang warna.

"Selain itu dapat membangun kebersamaan PM dengan teman-temannya karena ada beberapa PM yang berperilaku menarik diri. Kegiatan belajar sambil bermain merupakan kombinasi yang baik untuk mempertahankan konsentrasi PM UPT RSBG Tuban," paparnya.(her/s)

#jatim #dinsos