Senin, 28 November 2022

UPT PPSPA Beri Edukasi Bahaya Napza Peserta Tetirah

Diunggah pada : 21 Juli 2022 9:49:53 38
Koordinator Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Batu, Budi Hariyanto

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Perlindungan dan Pelayanan Sosial Petirahan Anak (UPT PPSPA) Dinas Sosial (Dinsos) Jatim memberikan pengenalan bahaya narkoba kepada para peserta tetirah. 

Hal ini dilakukan karena narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (Napza) tidak hanya mengancam anak-anak muda atau orang dewasa, namun juga mengincar anak-anak. Oleh karena itu lembaga pendidikan dan khususnya orang tua wajib mengenalkan kepada mereka tentang bahaya narkoba.

Dalam memberikan edukasi terkait hal ini, UPT PPSPA Batu bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Batu. Pengenalan bahaya Napza bagi peserta tetirah ini diberikan sepekan sekali oleh Sub Koordinator Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Batu, Budi Hariyanto.

Dalam setiap pertemuan, BNN Kota Batu memberikan materi yang berbeda-beda. Pada minggu awal, pertemuan materi yang diberikan adalah jenis-jenis narkoba. Pertemuan di langsungkan di kelas B UPT PPSPPA Batu, pembelajaran yang di mulai pukul 15.30 WIB,  menjelaskan mengenai dampak yang diakibatkan oleh Napza. Lewat gambar dan video yang ditayangkan, 50 orang peserta tetirah angkatan VII ini bisa melihat akibat buruk dari penyalahgunaan Napza.

"Pengenalan ini harus dikemas sesuai usia mereka dan tidak akan sama dengan pengenalan yang dilakukan kepada anak yang sudah lebih dewasa. Diperlukan cara yang tepat dalam memberikan edukasi tentang narkoba tersebut. Edukasi yang tepat membuat anak paham akan bahaya narkoba sehingga mereka akan membentengi dirinya dari benda terlarang ini," jelas Budi Hariyanto.

Sementara, Kepala UPT PPSPA Batu, Pitono  Rabu (20/7/2022) mengatakan bahwa pembelajaran seperti yang diberikan ini sangatlah penting dalam rangka membentengi anak dari bahaya Napza sejak usia dini. “Kami harap materi yang diberikan tertanam dalam diri mereka agar terhindar dari penyalahgunaan Napza,” harapnya.(her/s)

#dinsos