Kamis, 19 September 2024

UPT LKD Kabupaten Pasuruan Gelar Pelatihan Ketenagakerjaan

Diunggah pada : 18 September 2024 19:27:19 82
Pelatihan ketenagakerjaan bagi masyarakat yang belum memiliki pekerjaan alias pengangguran digelar oleh UPT LKD Kabupaten Pasuruan. Foto : Kominfo Kab Pasuruan

Jatim Newsroom – Sebanyak 7 paket pelatihan ketenagakerjaan dibuka oleh UPT LKD Kabupaten Pasuruan. Ketujuh paket itu antara lain pelatihan operator forklift, service kendaraan roda dua, otomotif, pembuatan roti kue, menjahit, bordir dan pelatihan tata rias.

Dikutip dari laman resmi Pemkab Pasuruan hari ini, Rabu ( 18/9/2024), Kepala UPT LKD Kabupaten Pasuruan, Umiasih Indrawati, menjelaskan pelatihan dilaksanakan sejak 9 September lalu dan selesai 14 Oktober mendatang. Selama pelatihan, para peserta akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti seragam, alat tulis kantor (ATK), snack dan konsumsi makan 1X sehari serta uang transport sebesar Rp 60 ribu/hari.

"Seperti pelatihan menjahit dan bordir, kita berikan kain dan nanti ketika sudah jadi pakaian, boleh dibawa pulang. Termasuk pembuatan roti dan kue, nantinya juga bisa dibawa pulang," kata Umi.

Untuk bisa menjadi peserta pelatihan syaratnya cukup mudah. Yakni berKTP Kabupaten Pasuruan, belum bekerja serta mempunyai keterangan AK1 yang diterbitkan oleh Dinas Ketenagakerjaan setempat.

Menurut Umiasih, jumlah pendaftar selalu membludak. Namun lantaran disesuaikan dengan pagu yang telah ditetapkan, maka jumlah peserta yang mengikuti 7 pelatihan totalnya mencapai 144 orang dengan rata-rata 20 orang per jenis pelatihan.

Umiasih berharap kepada peserta untuk bisa menyerap semua ilmu yang diberikan oleh para instruktur. Terlebih pasca selesai pelatihan, para peserta bisa semangat untuk membuat usaha dari jenis pelatihan yang diikuti. (yan/s)

 

 

 

#kabupaten pasuruan