Kamis, 19 September 2024

Pimpin Upacara Harjad Kabupaten Pasuruan, Andriyanto Kenakan Baju Isyana

Diunggah pada : 18 September 2024 20:00:05 89
Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto, mengenakan Baju Isyana, pakaian khas Kabupaten Pasuruan. Foto : Kominfo Kab Pasuruan

Jatim Newsroom –  Penjabat (Pj) Bupati Pasuruan, Andriyanto, mengenakan Baju Isyana, pakaian khas Kabupaten Pasuruan saat memimpin upacara peringatan hari jadi (Harjad) Kabupaten Pasuruan yang ke 1.095 yang digelar di Halaman Graha Maslahat, Komplek Perkantoran Pemkab Pasuruan di Raci, Kecamatan Bangil .

 

Seluruh undangan Forpimda, para Kepala OPD laki-laki hingga petugas upacara juga memakai pakaian khas Kabupaten Pasuruan tersebut.

 

"Kita memakai Pakaian Isyana ini karena memang sudah dipatenkan dan ada filosofi di balik pakaian yang saya kenakan, mulai udeng sampai syal atau selendang," katanya.

 

Dijelaskan Andriyanto, Pakaian Isyana sudah menjadi pakaian khas daerah yang telah dipatenkan oleh Bupati Pasuruan sebelumnya, Irsyad Yusuf. Filosofinya, wilayah Kabupaten Pasuruan pernah masuk dalam kekuasaan Mpu Sindok, di mana saat diangkat menjadi raja, Mpu Sindok sendiri bergelar Sri Isyana Wikramadharmottunggadewa dan dinastinya disebut Dinasti Isyana.

 

"Nama busana ini diambil dari sana. Blangkon dengan dua kuncir dikenalkan dan dikenakan Dinasti Isyana. Sedangkan Jubah warna hijau tua yang melengkapi busana Isyana melambangkan mayoritas warga Kabupaten Pasuruan yang merupakan kalangan santri," terangnya.

 

Pj. Bupati Andriyanto saat memimpin upacara peringatan Harjad Kabupaten Pasuruan yang ke 1.095 di Halaman Graha Maslahat, Komplek Perkantoran Pemkab Pasuruan di Raci, Kecamatan Bangil , Foto : ProKomPim Kab Pasuruan

Lebih lanjut Andriyanto mengatakan, untuk hiasan bordir motif bunga sedap malam di jubah tersebut melambangkan potensi UKM dan kekayaan alam. Yakni Bunga Sedap Malam khas Kecamatan Rembang dan Krisan Khas Kecamatan Tutur.

 

Dalam Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke 1095, mengambil tema "Bersinergi Menuju Pasuruan Maju Penuh Maslahat" -  maju berarti selalu istiqomah dalam meningkatkan profesionalisme di semua bidang. Sedangkan Penuh diartikan totalitas dalam bekerja, berkarya dan melaksanakan semua tanggung jawab dan amanah yang diberikan.

 

"Kalau Maslahat itu memberikan banyak manfaat bagi semua pihak. Maka dari itu, mari kita semangat untuk semakin peduli pada semua persoalan di Kabupaten Pasuruan. Kita tanggap dan responsif dengan apapun yang tengah terjadi di tengah-tengah masyarakat," jelasnya. 

 

Pada upacara peringatan hari jadi ini, Camat Rejoso, M.Arfian Fakhrudin Kurdiamsyah dipercaya sebagai Komandan Upacara. Selanjutnya M.Nur Kholis sebagai Perwira Upacara, Yusuf Maulana Syarif dari Bagian Tapem sebagai Pembaca UUD 1945, serta Wido Angguna daeu Diskominfo sebagai Pembaca Sejarah Singkat Hari Jadi Kabupaten Pasuruan. (yan/hjr)

 

 

#kabupaten pasuruan