Kamis, 19 September 2024

UK Petra Surabaya Kembangkan UMKM di Balai Kelurahan Siwalankerto

Diunggah pada : 4 Agustus 2024 18:43:24 81
Festival Rakyat yang digelar UK Petra Surabaya di Balai Kelurahan Siwalankerto, Surabaya, Sabtu (3/7/2024). Foto : Vivin

Jatim Newsroom - Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya atau biasa disebut Petra Christian University (PCU) bekerja sama dengan Nutrisari DonDong menggelar kegiatan Festival Rakyat di Balai Kelurahan Siwalankerto Surabaya. Kegiatan ini adalah bagian dari pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa School of Business and Management atau SBM PCU sebagai wujud pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Melalui pers rilis UK Petra Surabaya, pada Minggu (4/8/2024), disampaikan acara yang berlangsung pada Sabtu (3/8/2024) ini menampilkan sederet UMKM dengan produk berupa makanan, fashion, dan kerajinan tangan, selain itu tidak hanya menjadi ajang promosi produk-produk lokal, kegiatan ini juga untuk menampilkan berbagai kegiatan menarik, seperti tes kesehatan gratis, senam aerobik, dan lomba makan besar.  

Ketua Panitia acara, Trixie Nova Bella Tandijaya menyebut, kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa SBM PCU. Sebelum mengikuti bazar di Festival Rakyat ini, para dosen dan mahasiswa PCU telah melakukan pendampingan kepada para pelaku UMKM. “Mereka diajari tentang strategic costing dan cara memilih teknik branding serta marketing sesuai bisnis yang dijalankan,” jelas Trixie.

Lebih lanjut, Trixie menerangkan, kegiatan Festival Rakyat ini juga merupakan hasil kolaborasi tiga program yakni, Branding and Digital Marketing, Hotel Management, dan Tax Accounting. Total ada sembilan dosen dari ketiga program yang terlibat, dan 44 mahasiswa PCU yang ikut membimbing UMKM. "Ada tiga mahasiswa yang ditugaskan untuk mendampingi satu UMKM. Kurang lebih ada 15 UMKM yang ikut bazar,” kata Trixie. 

Selama bazar berlangsung, Trixie menuturkan, para mahasiswa juga akan membantu UMKM dalam hal penyajian, pelayanan, promosi, dan pencatatan keuangan. Seluruh keuntungan yang diperoleh adalah milik UMKM sepenuhnya. “Abdimas ini diharapkan dapat memberi dampak keberlanjutan ke lingkungan sosial, khususnya masyarakat di Siwalankerto. Event Festival Rakyat bersama Nutrisari DonDong ini menjadi wadah bagi UMKM untuk bisa lebih mengeksplorasi potensi-potensi yang dimiliki,” ungkap Trixie.

Lurah Siwalankerto Khairul Budiarto. Foto : Vivin

Sementara itu, saat dikonfirmasi secara langsung, Lurah Siwalankerto Khairul Budiarto menyampaikan, kegiatan Festival Rakyat di Balai Kelurahan Siwalankerto ini merupakan kegiatan yang bagus karena turut membantu mengembangkan UMKM khususnya di Kelurahan Siwalankerto. 

"Apalagi saat ini juga sudah menjelang pertengahan Agustus, artinya sekaligus sebagai salah satu pengabdian dan wujud, terima kasih kita kepada para pejuang untuk memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke-79. Ini sangat bagus, antusias warga mulai dari pagi jam 6 untuk senam sampai hari ini nanti terakhir untuk pembagiannya dia senam atau dan sebagainya, banyak-banyak hadiahnya," ucap Khairul. 

Sejauh ini, Khairul menyebut, jumlah UMKM di Kelurahan Siwalankerto ada sekitar 80 pelaku UMKM. Namun yang aktif dan baru terdaftar ada 40. "UMKM yang aktif 40, tapi hari ini yang kita ikutkan kita bagi-bagi karena keterbatasan tempat. Ini kita hanya menyediakan 15 slot stand UMKM. Dari Petra juga hanya menyediakan jumlah 15, karena tempatnya seperti ini. Kita bagi 15 slot itu, yang 11 itu dari kelurahan Siwankerto, yang 4 dari kelurahan di kecamatan Monocolo. Jadi kelurahan lain dalam satu kecamatan juga kita undang untuk berpartisipasi," sebutnya. 

Melalui kegiatan Festival Rakyat ini, Khairul mengatakan ke depannya semoga kerja sama dengam PCU tetap terus terjalin untuk mengembangkan UMKM. "Harapan saya ini tidak hanya UMKM, tidak hanya di lokalan Siwalankerto dan Wonocolo. Kalau bisa mendunia UMKM lokal di Surabaya ini," harap Khairul. 

Diketahui dalam kegiatan Festival Rakyat ini juga diadakan lomba kreasi minuman Nutrisari DonDong yang diikuti oleh ibu-ibu PKK setempat. Dalam keterangannya pula, Pemenang lomba kreasi minuman Lisa'ati warga dari Kelurahan Siwalankerto RW 2 RT 4 mengatakan pihaknya merasa sangat senang karena persiapan yang dilakukan sebelum lomba tidak sia-sia. "Saya membuat minuman Dawet Dondong kalau dawet kan biasanya pandan, kemarin dengan hari ini rasanya beda setelah mencoba membuat rasanya kali ini unik. Sudah saya coba ternyata enak rasanya, nama minumannya Dawet Dondong," pungkas Lisa'ati. (vin/hjr)

#UMKM #UK Petra Surabaya #Petra Christian University #PCU #Kelurahan Siwalankerto