Jumat, 20 September 2024

Tundukkan Jabar 0-1, Sepak Bola Jatim Juara PON XXI 2024 Aceh-Sumut

Diunggah pada : 19 September 2024 8:34:21 359
Tim Sepak Bola Jatim Juara PON XXI 2024 Aceh-Sumut. Foto dok. KONI Jatim

Jatim Newsroom - Jawa Barat (Jabar) melawan Jawa Timur (Jatim) menjadi final ideal Cabor Sepak Bola PON XXI 2024 Aceh-Sumut, Rabu (18/9/2024) malam 20.15 WIB di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh, NAD.

Jabar melenggang ke final usai mengalahkan 5-4 Kalsel lewat drama adu penalti. Ini setelah bermain dengan skor kacamata hingga extra time 2x15 menit berakhir. Sementara Jatim melaju ke grand final usai menang 3-2 atas tuan rumah Aceh.

Pada partai final tersebut, babak pertama kedua tim bermain landai. Namun Jawa Timur lebih banyak mengambil inisiatif penguasaan bola. Sedangkan Jabar sesekali melancarkan serangan balik, yang masih dapat dijinakkan Jatim.

Beberapa peluang mampu tercipta oleh kedua tim di babak yang pertama. Tetapi sampai waktu tambah 2 menit selesai, gol tidak terjadi.

Sebagai informasi, laga final ini mencuri perhatian masyarakat Aceh untuk berbondong-bondong ke stadion. Mereka sangat menikmati atmosfer pertandingan dengan cuaca sejuk usai hujan sepanjang sore. Masyarakat Aceh mengetahui bahwa pelatih Jatim, Coach Fakhri Husaini, merupakan asli Aceh. Maka tak heran mereka juga ikut berdiri dan berteriak saat Jawa Timur mengancam gawang Jabar.

Nyanyian demi nyanyian dukungan suporter Jatim, juga begitu dinikmati para penonton. Dengan nyanyian khas suporter Jawa Timur, membawa lagu-lagu hits. Termasuk ucapan terima kasih kepada Aceh dan Sumut. Serta shalawat Nabi SAW.

Usai turun minum, tidak ada perubahan berarti, pertandingan masih berlangsung dalam tempo sedang. Fakhri Husaini di 20 menit awal babak yang kedua, melakukan sejumlah pergantian pemain. Untuk refreshing, juga taktikal. Namun belum juga dapat membongkar pertahanan Jawa Barat.

Perubahan taktikal yang terlihat, Jatim mencoba melepaskan tembakan percobaan dari jarak jauh. Meski belum membuahkan hasil, namun efektif merusak fokus bertahan Jabar.

Alhasil, sebuah long ball dari Rano Jutati berhasil dikuasai Wigi Pratama dan langsung melakukan speed dribbling. Begitu masuk area 16, sebuah tekel dilancarkan pemain bertahan Jabar. Wigi pun terjatuh, dan wasit langsung menunjuk titik putih menit ke-70.

Protes kepada wasit kompak dilakukan oleh hampir semua pemain Jabar, yang menilai Widi melakukan diving. Namun wasit tak bergeming, dan penalti sukses dijalankan oleh gelandang energik Rano, gol menit 74, skor 1-0 untuk Jatim unggul sementara.

Ketinggalan satu gol, Jawa Barat menjawab dengan keluar menyerang. Sejumlah set piece dan open play pun didapat, termasuk melakukan penggantian pemain. Tetapi skor tidak berubah hingga menit ke-85.

Tak mau keunggulannya sia-sia, para pemain Jawa Timur berupaya memainkan tempo dengan memperlambat permainan. Lewat menguasai bola selama mungkin dan mengulur waktu utamanya saat terjatuh.

Taktik ini cukup efektif guna memantik mental Jabar sampai menit ke-90, sSehingga upaya serangannya begitu tergesa-gesa, dan beberapa peluangnya gagal menemui sasaran.

Wasit menambah 5 menit waktu di akhir babak yang kedua. Dan sampai menit 90+2 skor tak berubah. Menit 90+3 wasit memberikan kartu kuning kedua kepada Wigi, dan kartu merah menit. Menyisakan dua menit waktu tambahan, mulai pertandingan memanas. Jabar tampak tersulut mentalnya karena aksi-aksi mengulur waktu Jatim.

Pada menit 90+6 wasit meniup peluit panjangnya tanda akhir babak kedua. Jawa Timur pun menjadi juara cabor sepak bola mengulang edisi 2008 silam.(red)

#sepak bola #PON XXI 2024 #PON ACEH-SUMUT 2024