Senin, 15 Juli 2024

TPID Ponorogo Pantau Pergerakan Harga Bahan Pokok di Pasar Tradisional dan Swalayan

Diunggah pada : 28 Maret 2024 5:38:55 51
TPID Ponorogo mengunjungi lapak daging ayam di Pasar Legi, Rabu (27/3/2024). Foto : Erwin suganda

Jatim Newsroom - Setelah Badan Pangan Nasional (Bapanas), giliran  Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Ponorogo yang turun langsung memantau pergerakan harga bahan pokok di pasaran. Tim yang terdiri lima dinas di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo bersama Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Urusan Logistik (Bulog), TNI, dan Polri itu menggelar inspeksi mendadak (sidak) di pasar tradisional serta toko swalayan.

‘’Kami ingin memastikan ketersediaan bahan pokok aman berikut stabilitas harganya menghadapi Idul Fitri,’’ kata Harjono, salah seorang anggota TPID Ponorogo, Rabu (27/03/2024). 

Dia merasa lega lantaran terjadi penurunan harga beras premium, daging ayam ras, dan cabai. Harga beras premium yang semula Rp 15 ribu per kilogram, kini  tinggal Rp 13.800 dengan satuan yang sama. Begitu pula daging ayam ras turun menjadi Rp 35 ribu dari sebelumnya rp 40 ribu per kilo. ‘’Penurunan harga juga terjadi pada semua jenis cabai. Sedangkan harga daging sapi stabil di harga 125 ribu rupiah per kilogram,’’ jelasnya. 

Namun, tim mendapati harga bawang putih mengalami kenaikan dari Rp 28 ribu menjadi Rp 36 ribu. Ketergantungan terhadap pasokan bawang putih impor yang menyebabkan harga komoditas ini fluktuatif. Harjono menilai kenaikan sejumlah bahan pokok masih dalam batas wajar. ‘’Apalagi dengan adanya kenaikan permintaan bersamaan konsumsi masyarakat yang meningkat,’’ terangnya. 

TPID juga secara berkala menggelar rapat koordinasi (rakor) untuk menyamakan persepsi dalam mengendalikan inflasi supaya tepat sasaran. Lima organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkab Ponorogo yang terlibat dalam TPID adalah Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Disperdagkum), Dinas Lingkungan Hidup (DLH); Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) dan Statistik; Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora); serta Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dispertahankan).

Disperdagkum Ponorogo selama ini yang selalu memantau pergerakan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Pasar Legi serta pasar tradisional di kecamatan-kecamatan. Perkembangan harga masing-masing komoditas dipantau setiap hari dan hasilnya dikoordinasikan dengan Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo