Senin, 16 September 2024

TP PKK Kabupaten Pasuruan Beri Edukasi tentang Kanker pada Anggota

Diunggah pada : 4 September 2024 16:36:31 34
Foto : ProKomPim Kab Pasuruan

Jatim Newsroom -    Sinergi kolaborasi Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Pasuruan bersama RSUD Bangil dan RSUD Grati dalam memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat terkait kanker, mendapatkan apresiasi dari Penjabat Bupati Pasuruan, Andriyanto, saat membuka  Talkshow dan Seminar Kesehatan bertema "Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Wanita Sehat Bebas Dari Kanker", di Auditorium Mpu Sindok, Graha Maslahat .

Dikutip dari laman resmi Pemkab Pasuruan, hari ini, Rabu ( 4/9), Pj Andriyanto, menyampaikan kegiatan ini sangat penting dan bernilai strategis dalam upaya meningkatkan dan menjaga kesehatan diri sendiri. Khususnya dalam deteksi dini terkait penyakit kanker. 

Kegiatan ini diikuti oleh 100 orang anggota TP PKK Kabupaten Pasuruan, Dharma Wanita Persatuan hingga 13 Kepala OPD perempuan di Pemkab Pasuruan.

Pj Ketua TP PKK Kabupaten Pasuruan, Ny Luhur Ngudi Andriyanto, menyampaikan tema seminar adalah sebab pasca kegiatan, PKK dibantu oleh RSUD Bangil dan RSUD Grati akan menggelar screening selama 10 hari sejak 4-14 september 2024.

Nantinya, jika  terdapat hasil USG yang mengarah pada kanker, maka petugas akan melakukan screening lanjutan dengan alat mammografi di RSUD Bangil sampai diketahui hasil akhirnya.

Ny Luhur berpesan agar materi yang disampaikan para dokter spesialis harus betul-betul dimanfaaatkan. Dan yang tak kalah penting adalah tidak takut untuk memeriksakan kondisi kesehatan sedini mungkin. Karena deteksi dini itu lebih baik daripada mengobati kanker dengan stadium yang lebih berat. Sehingga sedini mungkin pengobatan dapat dilakukan. (yan/s)

 

#kabupaten pasuruan