Jumat, 20 September 2024

Top 10 Atlet MTB PON XXI Bakal Ikut Seleknas untuk SEA Games

Diunggah pada : 8 September 2024 18:34:11 76
Balap Sepeda di PON XXI/2024. Sumber Foto: PB PON XXI/2024 Sumut

Jatim Newsroom - Sebanyak 10 orang pebalap sepeda MTB Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang berhasil menempati posisi teratas di Final Run nomor Individual Downhill (DHI) akan mengikuti Seleksi Nasional (Seleknas) untuk persiapan mengikuti SEA Games 2025 di Thailand.

Mengutip laman ponxxi.sumutprov.go.id, Minggu (8/9/2024), usai SEA Games, para atlet akan mengikuti Olimpiade Atlanta, Amerika Serikat pada tahun 2028. Hal tersebut disampaikan Dadang Haries Purnomo Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) di Tahura Bukit Barisan, Karo, Sumatera Utara.

"Kemarin pada Technical Meeting, sudah disampaikan langsung melalui zoom oleh Kepala Binpres PB ISSI, Bapak Budi Saputro bahwa dari hasil PON ini akan diambil 10 pebalap yang akan mengikuti seleksi nasional di SEA Games 2025 di Thailand," jelas Dadang.

Ia menyebut, para atlet ini nantinya akan ikut berlaga di SEA Games 2025 Thailand jika berhasil lolos pada Seleknas yang dilaksanakan. Menurutnya, keberhasilan di SEA Games Thailand juga akan menjadi syarat bagi para atlet untuk dapat ikut di Olimpiade Atlanta 2028 di Amerika Serikat.

Diperkirakan pada SEA Games Thailand nanti akan ada banyak nomor disiplin balap sepeda. Tentunya hal ini akan membuka peluang yang besar bagi para atlet. Ia mengharapkan para atlet se-Indonesia bisa menunjukkan potensi dan kemampuan pada PON XXI ini.

"Jadi di SEA Games Thailand nanti, informasinya akan banyak sekali nomor disiplin balap sepeda ini yang akan diperlombakan mulai dari road race, nomor trek, BMX, MTB. Di nomor MTB sendiri ada nomor Cross Country dan Downhill. Saya berharap, semua atlet dari provinsi di seluruh Indonesia, bisa menunjukkan potensi dan kemampuan di dalam PON kali ini," pungkasnya. (idc/s)

#pekan olahraga nasional #PON XXI