Selasa, 21 Mei 2024

Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Ekonomi, Mojokerto Dorong Program Gelari Pelangi

Diunggah pada : 24 Oktober 2023 10:16:26 61
Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Kabupaten Mojokerto terus berupaya menguatkan kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK).  Hal ini diperlukan untuk mendukung pelaksanaan program Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi (Gelari Pelangi) di Kabupaten Mojokerto.

Mengutip rilis resmi Humas Pemerintah Kabupaten Mojokerto (24/10/2023), Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, berkesempatan menjadi narasumber dalam pembinaan kader PKK di program kerja Pokja II yang mengelola bidang pendidikan dan keterampilan serta pengembangan kehidupan berkoperasi.

Ia menyampaikan dalam pelaksanaan tugas Pokja II, juga sesuai dengan visi dan misi presiden RI, Joko Widodo, dan arah kebijakan rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) tahun 2020-2024 terkait pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, dan transformasi ekonomi. 

"Jadi kalau kita berbicara yang dilakukan oleh Pokja II terkait pendidikan dan keterampilan serta pengembangan kehidupan berkoperasi, ini mendukung agenda pembangunan nasional. Hal yang ditekankan pada tiga aspek yakni ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas dan berkeadilan, SDM berkualitas dan berdaya saing, serta revolusi mental dan pembangunan kebudayaan,” jelasnya di Pendapa Graha Maja Tama, Kabupaten Mojokerto. 

Bupati Ikfina mengatakan, rendahnya kualitas layanan pendidikan dan keterampilan bagi keluarga serta belum efektifnya program pengembangan kehidupan berkoperasi yang menjadi faktor permasalahan di lingkup bidang pendidikan dan pengembangan kehidupan berkoperasi saat ini.

Maka untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan serta pengembangan kehidupan berkoperasi, Bupati Ikfina mengimbau agar Pokja II PKK untuk mengoptimalkan program Gelari Pelangi. Program ini merupakan salah satu program unggulan dari TP PKK sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Induk Gerakan PKK tahun 2021-2024. (idc/s)

#pendidikan #Kabupaten Mojokerto #ekonomi