Sabtu, 27 April 2024

Tingkatan Pelayanan Penanganan Bencana, PMI Jawa Timur Gelar Pelatihan Asesment

Diunggah pada : 18 Juli 2022 15:42:31 66
Ketua Harian H. Soebagyo SW saat membuka acara Pelatihan

Jatim Newsroom - Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur menggelar pelatihan Pelatihan Asesment atau Kaji Cepat di Pusdiklat PMI Provinsi Jawa Timur, Jl Dr. Wahidin Sudiro Husodo-Gresik. Pelatihan yang diadakan 18 - 22 Juli 2022  ini diikuti oleh 24 peserta dari 68 pendaftar dari seluruh perwakilan PMI Kab/ Kota Se Jawa Timur.

Ketua Harian PMI Jawa Timur,  Soebagyo, saat memberikan sambutan pembukaan mengatakan, peserta pelatihan ini disiapkan untuk menjadi petugas Asesment atau kaji cepat di masing - masing PMI Kabupaten/Kota. Dengan demikian para peserta diharapkan dapat mengikuti kegiatan dengan seksama hingga simulasi dengan sebaik - baiknya.

“Harapan kami setelah pelatihan ini dapat menyiapkan pelaku - pelaku yang andal dan berkompeten sebagai ujung tombak pelaksanaan Tanggap Darurat Bencana (TDB), dan sebagai kolektor data awal dalam menentukan Langkah kebijakan TDB di kabupaten /kota masing – masing,"' ujarnya.

Menurut Soebagyo, PMI  Jawa Timur akan terus berusaha secara maksimal agar kegiatan ini dapat berjalan lancar, karena tidak jarang terjadi sedikit hambatan atau kendala  dalam proses penanganan bencana, khususnya di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Asesmena.

Selain itu, pelatihan ini juga mengacu pada standarisasi pelatihan yang ditetapkan BADIKLAT PMI Pusat dengan kurikulum terbaru yang telah diujikan di Kupang, Nusa Tenggara Timur.  Dengan begitu hasil yang diperoleh dapat segera diaplikasikan di masing - masing PMI Kabupaten/Kota.

“Semoga menjadi suatu kebiasaan baru, sehingga saat bencana data yang diperlukan segera terbentuk dan siap disajikan kepemangku kepentingan yang ada. Juga alumni pelatihan ini dapat menyebarluaskan hasil yang diperoleh ke PMI Kabupaten/Kota masing - masing dengan cepat dan terstandarisasi,“ tuturnya.

Kegiatan Pelatihan Asesment atau Kaji Cepat PMI ini  dihadiri oleh Ketua Harian  PMI Jawa Timur didampingi Perwakilan Pengurus.(aud/s)

#pmi