Minggu, 21 Juli 2024

Antisipasi Kekeringan, PMI Kabupaten Lumajang Salurkan Bantuan Air Bersih di Empat Desa

Diunggah pada : 15 November 2023 7:58:06 83
Kegiatan pendistribusian bantuan air bersih ke rumah warga oleh PMI Kabupaten Lumajang

Jatim Newsroom – Guna mengantisipasi kekeringan akibat musim kemarau panjang yang melanda sejumlah wilayah Kabupaten Lumajang, Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan respon cepat untuk menghadapi Kekeringan akibat cuaca ekstrem dengan menyalurkan bantuan air bersih. Bantuan yang disalurkan melalui kegiatan Distribusi Air Bersih ke sejumlah wilayah diharapkan dapat membantu masyarakat yang terdampak secara langsung.

Kegiatan Pelayanan Dropping Air Bersih telah dilaksanakan mulai akhir bulan September hingga memasuki bulan November di empat desa yaitu  di Kecamatan Lumajang (Desa Boreng, Desa Blukon), Kecamatan Gucialit (Desa Wonokerto) serta Kecamatan Kedungjajang (Desa Jatisari).

Kegiatan distribusi air bersih  yang dilaksanakan secara bergantian bersama Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Lumajang ini membutuhkan waktu  tidak kurang dari 4 (empat) sampai 7 (tujuh) kali rute pengangkutan air bersih kepada warga yang membutuhkan

Ketua PMI Kabupaten Lumajang, Budi Santoso, menyampaikan bahwa penyaluran bantuan air bersih ini sudah berlangsung cukup lama mulai tanggal 26 September 2023 sampai sekarang. “ Semoga kegiatan distribusi air bersih yang dilaksanakan dapat membantu warga terdampak Kekeringan. Kiranya kekeringan segera berlalu dan hujan bisa dinikmati kembali sebagai berkah, “ pungkasnya di sela-sela  wawancara di ruang kerja pada Rabu (15/11/2023).

Berdasarkan data dari BPBD untuk warga penerima manfaat distribusi air bersih dari PMI kabupaten Lumajang  diperkirakan mencapai 1.090 Kepala Keluarga 3.359 Jiwa dengan total air bersih yang telah didistribusikan sebesar 495.600 liter pada 33 titik tandon di lingkungan sekitar warga. (aud/s)

#pmi