Minggu, 12 Mei 2024

Tingatkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemkot Batu Gelar Festival Bisnis

Diunggah pada : 23 Juni 2023 10:48:12 197
Sumber foto: Diskominfo Kota Batu

Jatim Newsroom – Festival Bisnis Batu 2023 resmi dibuka. Ratusan produk UMKM dan ekonomi kreatif dari nusantara dipamerkan di halaman Balaikota Among Tani Kota Batu, mulai 22–25 Juni 2023. Festival yang diinisiasi oleh Dinas Pariwisata Kota Batu ini bertujuan untuk meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Batu, serta memperkuat kerja sama dan kemitraan antara pemerintah daerah, pemprov, dan institusi di seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arif as-Sidiq, mengatakan, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM RI, Dr. Yulius MA, di Graha Pancasila Balaikota Among Tani, Kamis (22/06/2023). Melalui Festival ini, Pemkot Batu berusahan mengumpulkan pelaku pariwisata, ekonomi kreatif, UMKM, dan sektor perbankan dari berbagai daerah.

“Dengan mengadakan acara ini, kami berharap dapat meningkatkan kunjungan pariwisata dan mempererat kerja sama antara berbagai pihak,” kata Arief, melalui rilisnya, Jumat (23/6/2023).

Festival ini diselenggarakan secara online dan offline, dengan memamerkan produk unggulan dari UMKM, BUMDes serta berbagai ragam kuliner khas Kota Batu. Harapannya adalah kegiatan ini dapat mempromosikan produk UMKM dari berbagai daerah di Indonesia.

Pj. Wali Kota Batu yang diwakili Sekretaris Daerah Kota Batu, Zadim Effisiensi, menekankan bahwa acara tahunan ini memiliki peran penting dalam pemulihan ekonomi, sektor pariwisata, ekonomi kreatif, dan UMKM. Zadim mendorong kerjasama dan sinergi yang berkelanjutan untuk memperkenalkan produk Kota Batu, tidak hanya secara offline, tetapi juga secara online.

“UMKM dan industri perlu terus didorong agar bisa bersinergi, sehingga produk-produk Kota Batu dapat lebih dikenal secara luas,” kata Zadim.

Deputi Bidang Usaha Mikro, Kementerian Koperasi dan UKM RI, Dr. Yulius MA, menyampaikan apresiasi atas digelarnya festival ini. Ia menekankan hubungan yang tak terpisahkan antara pariwisata dan UMKM.

“Acara ini sangat luar biasa. Bagaimana lewat kegiatan ini, bisa menyatukan berbagai market (UMKM) dan meningkatkan peluang masa depan. Kita harus mendorong UMKM dan pariwisata untuk berjalan secara sinergis,” kata Yulius.
 
Festival Bisnis Batu 2023 ini tidak hanya mempromosikan bisnis lokal, tetapi juga menghubungkan pasar dan membuka jalan menuju masa depan yang lebih cerah. Tidak hanya produk UMKM, festival ini juga menyajikan berbagai kuliner nusantara, kesenian dan kebudayaan Kota Batu, serta berbagai forum investasi, bisnis, dan wisata nusantara. (ghf/s)

#kota batu #Festival Bisnis