Minggu, 5 Mei 2024

Tim OPOP Kota Pasuruan Periode 2023-2026 Dikukuhkan

Diunggah pada : 29 November 2023 13:46:27 71
Wali Kota Pasuruan, Syaifullah Yusuf saat mengukuhkan Tim OPOP Kota Pasuruan, di Pendopo Surga Surgi. Kota Pasuruan, Rabu (29/11/23). Foto : Dok. Sekjen OPOP Jatim

Jatim Newsroom – Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf, secara langsung mengukuhkan Tim Penguatan dan Pengembangan One Pesantren One Product (OPOP) Kota Pasuruan Periode 2023-2026, di Pendopo Surga Surgi, Kota Pasuruan, Rabu (29/11/2023). 

Anggota Tim Penguatan dan Pengembangan OPOP Kota Pasuruan yang dilantik terdiri dari Wali Kota, Wakil Wali Kota, Sekda Kota Pasuruan, unsur OPD Kota Pasuruan, unsur Pondok Pesantren (Ponpes) di Kota Pasuruan, Ormas Islam Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Kota Pasuruan, Kemenag Kota Pasuruan. 

Sekda Kota Pasuruan, Rudiyanto, didaulat menjadi Ketua Tim OPOP Kota Pasuruan, dan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskop UKM) Kota Pasuruan, Mokhamad Faqih, dilantik sebagai Ketua Harian Tim OPOP Kota Pasuruan.

Tugas yang diemban Tim OPOP Kota Pasuruan, diantaranya adalah melakukan koordinasi dengan lembaga terkait, mengadakan kerja sama dengan organisasi atau lembaga terkait, menyiapkan dan melaksanakan kegiatan penguatan dan pengembangan program OPOP, membentuk sekretariat OPOP sesuai kebutuhan, melakukan seleksi dan menetapkan peserta OPOP, serta melaksanakan hasil pelaksanaan tugasnya pada Wali Kota Pasuruan.

Dalam sambutannya, Wali Kota Pasuruan yang kerap disapa Gus Ipul itu menuturkan, dengan dikukuhkannya Tim OPOP Kota Pasuruan ini, semoga dapat bersinergi dengan Tim OPOP Provinsi Jawa Timur. 

"Baru saja kita kukuhkan OPOP Kota Pasuruan, semoga bisa bersinergi dengan OPOP Jatim. Pemkot Pasuruan sangat mendukung program OPOP dengan membentuk Tim Penguatan dan Pengembangan Program OPOP. Semoga membawa OPOP Kota Pasuruan lebih bermanfaat,"  kata Gus Ipul. 

Selain bersinergi dengan Tim OPOP Jawa Timur, Gus Ipul juga berharap, agar Tim OPOP Kota Pasuruan dapat bersinergi dengan PBNU. Hal tersebut karena diketahui saat ini  PBNU memiliki program pelatihan dan pendampingan bagi 1.000 santri calon eksportir. 

 “Saya akan minta bagian ke PBNU yang saat ini kerjasama dengan Shoopee agar melatih dan membina santri-santri Kota Pasuruan dan Jawa Timur untuk menjadi calon-calon eksportir sukses.” Ungkap Gus Ipul.

Kepada Tim OPOP Kota Pasuruan yang baru saja dilantiknya itu, Gus Ipul juga memberikan motivasi agar segera melakukan aksi nyata untuk mendukung program OPOP di Kota Pasuruan. "Manuk glatik, dek njero kandang, mari dilantik ndang langsung tandang” pungkas Gus Ipul. 

Diketahui, pada acara ppengukuhan Tim OPOP Kota Pasuruan ini, turut juga hadir Wakil Walikota Pasuruan, Adi Wibowo, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Andromeda Qomariah, dan Sekretaris OPOP Jawa Timur, Mohammad Ghofirin. (vin/s) 

#OPOP #Kota Pasuruan #Wali Kota Pasuruan #Tim OPOP Kota Pasuruan