Jumat, 20 September 2024

Tim Medis Siap Jaga Kesehatan Atlet Catur PON XXI/2024, Beri Tips Sebelum Bertanding

Diunggah pada : 15 September 2024 18:22:38 146
Cabor Catur. Sumber Foto: PB PON XXI/2024 Sumut

Jatim Newsroom - Tim medis Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 menyatakan kesiapan mereka untuk menjaga kondisi kesehatan seluruh atlet yang berlaga di pertandingan catur yang dihelat di Hotel Mikie Holiday Berastagi. Untuk cabor catur, sebanyak 9 tim kesehatan dari Pemkab Karo telah dipersiapkan.

 

"Kita dari tim kesehatan sudah sangat siap bekerja untuk menangani segala persoalan kesehatan para atlet catur PON, bahkan untuk official juga. Untuk persiapan ini, kita ada sebanyak 9 tim ya," jelas Tim Medis Kesehatan Cabor Catur PON XXI 2024, Novi Dauli. 

 

Mengutip laman ponxxi.sumutprov.go.id, Minggu (15/9/2024), Ia menjelaskan, dari seluruh tim yang bersiap, pihaknya juga menyiagakan tim kesehatan di setiap hotel tempat atlet dan official menginap selama perhelatan PON 2024. 

 

"Tim kesehatan ada di setiap kamar hotel. Demikian juga di venue pertandingan, seluruh tim kesehatan tetap standby di sini," ungkapnya.

 

Novi juga memaparkan, selama perhelatan kejuaraan ini, pihaknya telah melakukan berbagai pemeriksaan kesehatan umum bagi para atlet secara khusus di antaranya, tekanan darah, temperatur suhu tubuh, hingga tekanan nadi.

 

"Belum ada menangani kondisi yang gawat darurat. Masih sebatas pemeriksaan umum saja. Karena rata-rata para atlet sejauh ini hanya menderita sakit kepala saja. Mungkin karena mengalami stres ya. Saya kira itu saja," imbuh Novi.

 

Untuk stok atau persediaan obat-obatan bagi atlet catur, kata dia, hingga saat ini masih sangat cukup dan lengkap. "Untuk obat-obatan kita masih cukup lengkap, karena rata-rata mereka (atlet) hanya sakit kepala saja. Sampai sekarang belum ada kendala di sini," kata dia.

 

Dalam kesempatan ini, Ia juga memberikan beberapa tips bagi para atlet catur sebelum mengikuti pertandingan catur. Hal ini, kata dia, cukup penting untuk lebih meningkatkan konsentrasi dalam bertanding.

 

"Sebelum bertanding, sebaiknya atlet melakukan relaksasi lebih dulu. Artinya,  dimana setiap mereka mau melakukan itu, ada itu yoga ataupun semedi gitu. Lebih bagus lagi kalau mereka jalan pagi. Itu harus dilakukan agar stresnya hilang. Jadi mereka siap untuk bertanding," pungkas Novi.

 

Amatan wartawan, panitia pelaksana cabor catur PON 2024 telah mendirikan salah satu ruangan untuk tim medis kesehatan di venue catur PON 2024 di lantai dua Hotel Mikie Holiday. Ruangan tersebut diperuntukkan untuk pengecekan kesehatan para atlet catur. (idc/s)

#PON XXI 2024 #pekan olahraga nasional