Jumat, 20 September 2024

Jatim Dapat Medali Perak Ganda Campuran Squash PON XXI/2024

Diunggah pada : 20 September 2024 16:13:38 20
Cabor Squash. Sumber Foto: PB PON XXI/2024 Sumut

Jatim Newsroom - Jawa Timur (Jatim) meraih medali perak di cabang olahraga Squash Ganda Campuran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024. Sumatra Utara (Sumut) memperoleh medali emas serta Sumut B dan Aceh harus puas berbagi medali perunggu bersama. 

Mengutip laman ponxxi.sumutprov.go.id, Jumat (20/9/2024), Sumut berhasil menambah koleksi medali emas menjadi dua keping usai merebut juara dari nomor ganda campuran dalam PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Hasil itu didapat setelah Sumut sukses mengalahkan Jawa Timur di babak final dengan skor 2-1 yang berlangsung di Squash Arena Disporasu Jalan PBSI Kenangan Baru, Pancing, Sumatra Utara.

Pasangan Sumut, Eris Setiawan dan Fadillah Aulia Putri ternyata tidak mudah mengalahkan lawannya, Endrostill Aditya dan Rizka Amalia (Jatim). Meski sempat unggul di set pertama, pasangan Sumut nyaris kalah karena Jatim mampu membalikkan keadaan. 

Jalannya pertandingan, di set pertama kedua tim silih berganti memimpin angka hingga kedudukan 6-5 buat Sumut. Selepas itu Sumut terus memimpin 9-7 hingga akhirnya menang di set ini dengan 11-8. Sumut pun unggul sementara 1-0.

Di set kedua, pertandingan hampir tidak berubah. Slihi berganti kedua tim memimpin angka hingga kedudukan 6-5 buat Jatim. Sumut yang sudah berusaha bangkit akhirnya kalah 11-7 hingga skor sementara imbang 1-1.

Memasuki set ketiga, permainan semakin menarik.Kejar mengejar angka terus terlihat dalam pertandingan ini hingga kedudukan 4-4. Namun papan skor terus bertambah buat Jatim hingga 9-4. Sumut terus berusaha bangkit hingga kedudukan 10-5.

Perjuangan Eris dan Putri berhasil mendekati skor menjadi 10-9. Pada skor ini terjadi insiden dimana Endrostill mengalami cedera karena salah intersep pada kakinya saat mengembalikan bola. Wasit pun memberi waktu 3 menit untuk mengobati atlet Jatim itu. 

Pertandingan pun dilanjutkan setelah Endrostill mampu bangkit dari cederanya. Laga dilanjutkan Sumut langsung tancap gas. Sumut mampu melewati skor Jatim menjadi 11-10. 

Namun set ketiga ini akhirnya tidak dilanjutkan usai Endrostill tidak mampu melanjutkan pertandingan karena cederanya. Pemain Jatim ini langsung terkapar di lapangan sambil memegang pahanya dan menangis. 

Tim medis pun masuk ke lapangan dan menggotong pemain putra Jatim ini keluar lapangan. Pertandingan pun dihentikan dan Sumut dinyatakan sebagai pemenang. 

Hasil ini mengantarkan Sumut mencetak sejarah baru dengan kembali merebut medali emas hingga total dua medali emas dan 1 perunggu. 

“Alhamdulillah kita bisa merebut emas kedua bahkan Sumut over target merebut dua emas dan satu perunggu,” kata pelatih Squash Sumut, Rusli. 

Diakui Rusli pertandingan final ini cukup alot dan ketat. Dia tidak memungkiri kalau faktor keberuntungan masih berpihak ke Sumut. 

“Ya nyaris kalah juga kita sebelum pemain Jatim cedera. Ada faktor keberuntungan buat Sumut tapi memang pertandingan cukup alot dan ketat, kita bersyukur bisa memenangkan pertandingan ini,” pungkas Rusli. 

Sementara dari kubu Jatim enggan diwawancara wartawan. Mereka lebih mengurusi pemainnya yang cedera dirawat masuk ke ruang medis. (idc/s)

#PON XXI 2024 #pekan olahraga nasional