Jumat, 26 April 2024

Tim JSC Dinsos Jatim Gerak Cepat Tangani Kasus Amel di Kabupaten Malang

Diunggah pada : 26 Agustus 2022 9:42:21 239
peksos UPT RSBN Ken Edy Widjaja saat memberikan bingkisan

Jatim Newsroom - Pemprov Jatim melalui tim Jatim Social Care (JSC) Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Netra (UPT RSBN) Malang dan Unit Pelaksana Teknis Peningkatan Tenaga Kesehjateraan Sosial (UPT PTKS) Malang Dinas Sosial (Dinsos) Jatim melakukan penjangkauan terhadap kasus Amel dan Ayahnya di Desa Lebakharjo, Ampelgading Kabupaten Malang.

Sebagai informasi, Amel mulai dari umur 3 tahun ditinggal ibunya dan tinggal bersama ayahnya Sulistyohadi (bagong) yang sakit menderita stroke. Amel terpaksa harus mengurus segala kebutuhan rumah sejak umur 8 tahun.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, Tim JSC dari UPT RSBN dan UPT PTKS didampingi oleh tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) segera berangkat melakukan penjangkauan terhadap Amel. Tim JSC yang berangkat adalah Lasiono, Edy Widjaja, Umi Masruroh dan Edy Mulyono.

Setelah Berkoordinasi dengan perangkat Desa Lebakharjo Kabupaten Malang maka Tim JSC bersama TKSK dan perangkat Desa Lebakharjo berangkat menuju lokasi tempat tinggal Amel.

Setelah sampai di kediaman amel Tim JSC melakukan assament, dan diperoleh informasi bahwa Amel dan Ayahnya tidam emmiliki data penunjang untuk masuk ke dalam UPT. Ditemukan bahwa Amel belum mempunyai akte kelahiran, belum masuk Kartu Keluarga karena ayahnya mengikuti KK di keluarganya. Sehingga, untuk kartu penerima bantuan non tunai selama 2 bulan terakhir belum di dapatkan karena perlunya regristasi ulang.

Namun untuk ke depan Amel dan Ayahnya bisa ditempatkan di UPT Dinas Sosial Jawa Timur dan sulityo hadi dan amel tidak memiliki data penunjang untuk masuk kedalam UPT.

"Setelah berkoordinasi dengan TKSK dan perangkat Desa Lebakharjo maka kita mendahulukan untuk assasment adminduk terlebih dahulu supaya Amel ini bisa mendapatkan akte kelahiran dan bisa masuk di dalam KK." ujar pekerja Sosial UPT RSBN, Ken Edy Widjaja.

"Kita minta bantuan kepada perangkat Desa Lebakharjo untuk segera secepatnya membantu proses tersebut," imbuhnya. (her/s)

#dinsos