Jumat, 20 September 2024

Tentang GOR Voli Indoor Sumut untuk PON XXI/2024

Diunggah pada : 13 September 2024 20:57:31 568
Konferensi Pers di PON XXI/2024. Sumber Foto: PB PON XXI/2024 Sumut

Jatim Newsroom - Gedung Olahraga (GOR) Voli Indoor yang dibangun di arena Sport Center Sumut, Desa Sena, Deliserdang telah dirancang sejak dua tahun lalu dengan standar internasional. Dilengkapi dengan lapangan yang representatif baik untuk latihan atlet, maupun pertandingan mengingat Sumatra Utara menjadi tuan rumah dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI pada tahun 2024. 

 

“Desain GOR ini telah disiapkan dengan sangat matang, terdapat dua lapangan pemanasan dan dua lapangan utama. Desain seperti ini sebelumnya hanya ada di Papua saat pelaksanaan PON XX. Dengan kapasitas yang mampu menampung 3.500 penonton. GOR ini dinilai sangat layak untuk menggelar pertandingan berskala internasional,” ujar Ketua Umum Pengurus PBVSI Sumut, Wiko Siregar.

 

Ia bersama Ketua Harian PB PON Wilayah Sumut, Baharuddin Siagian, Sekretaris Umum PB PON XXI, Effendi Pohan serta Ketua Bidang Media dan Humas Panwasrah PON XXI 2024 wilayah Sumut, Raja Parlindungan Pane menyampaikan hal tersebut dalam Konferensi Pers Media Center Utama PON XXI Wilayah Sumut, yang mengusung tema 'Bersatu Kita Juara. Sukses PON Sukses kita bersama'. 

 

Mengutip laman ponxxi.sumutprov.go.id, Jumat (13/9/2024), lebih lanjut dikatakan Wiko, fasilitas di GOR ini memungkinkan pelaksanaan pertandingan voli baik indoor maupun outdoor. Hal ini menjadi keunggulan bagi PBVSI Sumut, yang sebelumnya hanya memiliki fasilitas untuk latihan voli indoor. 

 

“Selain lapangan, GOR ini juga dilengkapi dengan berbagai ruang yang dapat dimanfaatkan untuk latihan anak-anak, tempat istirahat, serta ruang ganti dengan fasilitas kamar mandi yang memenuhi standar internasional,” tambahnya.

 

Terkait video yang viral di media sosial tentang akses jalan menuju GOR, Wiko menjelaskan kejadian tersebut terjadi saat latihan. Meski lapangan latihan sudah siap, akses jalan sempat terblokir sehingga tim tidak bisa masuk melalui pintu depan. Namun, pihak pengelola telah bergerak cepat dengan membuka akses dari bagian belakang yang masih dalam proses pengerjaan.

 

“Saya tegaskan bahwa pihak pengelola sangat responsif. Saat ini, akses jalan belakang sudah diperbaiki, update terakhir menunjukkan bahwa akses jalan tersebut sudah dalam kondisi baik,” kata Wiko.

 

Dengan adanya perbaikan akses dan fasilitas yang lengkap, GOR di Jalan Sena siap digunakan untuk menggelar pertandingan lokal, nasional, maupun internasional di masa mendatang. 

 

Secara detil, Technical Delegate bola voli, Regi Nelwan juga menambahkan, GOR Voli indoor ini memiliki lapangan yang bersih juga memiliki lapangan latihan dan semua itu sudah dimiliki Sumut. "Termasuk kelengkapan-kelengkapan lainnya seperti karpet juga kursi wasit juga telah tersedia, seiring waktu semua terprogres dan GOR itu sudah siap melakasanakan pertandingan hingga tanggal 19 September 2024 mendatang. Nanti juga ada video challenge," bebernya.

 

Ditegaskannya, GOR voli indoor yang berada di Desa Sena sudah layak dan sangat mumpuni sebagai perhelatan cabor Voli, kedepannya dia juga berharap GOR indoor Voli bisa menghelat pertandingan berskala nasional dan internasional.

 

Ketua Harian PB PON Wilayah Sumut, Baharuddin Siagian menyebutkan, kebanggaannya terhadap GOR Voli Indoor yang dimiliki Sumut, bahkan katanya di hari pertama pertandingan, cabor Voli ditonton sebanyak 2.500 orang, meskipun tidak ada yang sempurna, kekurangan pasti ada. 

 

Namun, dia memastikan setiap masalah yang ada terkait PON XXI 2024, apalagi berkaitan dengan venue akan segera ditangani demi kenyamanan peserta dan pengunjung. Dia memastikan proses pembangunan GOR masih terus berlangsung hingga saat ini sampai kontrak penyelesaian pembangunan berakhir pada Desember 2024.

 

"Semoga masalah yang dikeluhkan kemarin tidak terjadi lagi hari ini, karena kami telah sepakat untuk segera menyelesaikannnya dengan cepat dan tuntas. Bersatu Kita Juara, Sukses PON, Sukses kita bersama," katanya. (idc/hjr)

#PON XXI 2024 #pekan olahraga nasional