Kamis, 1 Desember 2022

Siswa Siswi SMKN 2 Malang Antusias Belajar Huruf Braille di UPT RSBN Malang

Diunggah pada : 23 September 2022 15:41:36 14
Antusiasme Siswa Siswi SMKN 2 Malang belajar Huruf Braille di UPT RSBN Malang

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Netra (UPT RSBN) Malang Dinas Sosial Jawa Timur (Dinsos Jatim) menyambut siswa siswi SMKN 2 Negeri Malang yang antusias ingin mengetahui salah satu pembelajaran dasar di UPT RSBN Malang yaitu Baca Tulis Braille (BTB) Kamis, (22/9/2022).

Mereka penasaran dengan titik-titik timbul yang di rangkai sehingga menjadi sebuah huruf dan bisa menjadi sebuah kata.

Para siswa SMKN 2 Malang berbondong-bondong menuju kelas BTB dan melihat secara langsung para Penerima Manfaat (PM) belajar huruf braille mulai menulis huruf, merangkai huruf menjadi kata sampai merangkai kata menjadi sebuah kalimat.

Para Siswa sangat antusias ingin mengetahui dan belajar huruf braille. Ada yang belajar menghafalkan titik-titik huruf braille mulai dari A-Z dan tanda baca dalam bentuk braille,ada yang mempraktekan menulis dalam petak braille, dan ada juga yang mencoba menulis langsung di reglet.

Kepala UPT RSBN Malang Firdaus Sulistijawan mengapresiasi keingintahuan dan semangat para Siswa SMK untuk mengenal dan belajar huruf braille.

"Ini dapat menjadi tambahan ilmu bagi mereka dan agar mereka juga tahu bagaimana metode dan teknik mengajarkan baca tulis braille kepada para PM Distra," terang Firdaus.

Salah satu siswa SMKN 2 Malang, Rizal mengatakan,  sangat senang belajar mengetahui huruf braille.

"Ini pertama kalinya saya mengetahui huruf-huruf abjad dan tanda baca dalam bentuk braille. Ternyata sulit juga untuk menghafal titik-titik huruf braille tiap hurufnya, dibutuhkan daya ingat yang kuat agar dapat menulis huruf braille," ujar Rizal. (her)

#dinsos