Minggu, 29 Januari 2023

Si Dul Kemit, Inovasi Layanan Home Care dari RS Karsa Husada Batu

Diunggah pada : 26 September 2022 20:08:03 59
Direktur RSUD Karsa Husada Kota Batu, Muhammad Rizal. Foto: Dok.Humas RS Karsa Husada Batu

Jatim Newsroom - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karsa Husada Kota Batu terus meningkatkan layanannya dengan meluncurkan inovasi baru. Terbaru, yakni berupa layanan jemput bola  atau home care yang diberi nama Aksi Peduli Kenyamanan Pasien dan Evaluasi Terapi, atau disingkat "Si Dul Kemit".

Direktur RSUD Karsa Husada Kota Batu, Muhammad Rizal, kepada JNR Diskominfo Jatim, Senin (26/9/2022) menyampaikan, program "Si Dul Kemit" hadir melayani tidak sekadar warga Kota Batu dan Malang Barat tetapi juga wisatawan yang sedang berwisata di Kota Batu.

Adapun sasaran utama pelayanan "Si Dul Kemit" adalah masyarakat miskin Kota Batu yang tidak bisa menjangkau layanan kesehatan ke rumah sakit karena kelemahan fisik, sosial, dan ekonomi.

Dikatakan Dwi, kriteria pasien yang diutamakan yaitu untuk kelompok masyarakat rentan seperti lansia, ibu hamil, penyintas disabilitas, kanker stadium akhir, pasien penderita penyakit kronis dan dalam kondisi parah sehingga memerlukan perawatan dalam jangka waktu lama.

"Jadi tujuan Si Dul Kemit adalah pelayanan yang menyentuh langsung ke masyarakat terutama sebagai upaya evaluasi terapi pada pasien pasca perawatan di rumah sakit. Selanjutnya kepada pasien yang membutuhkan perawatan yang sifatnya bisa dilakukan di rumah seperti perawatan luka, perawatan pada penderita pasca stroke. Hal ini termasuk edukasi terkait kesehatan dan konsultasi nutrisionist hingga perawatan lainnya dari berbagai multidisiplin ilmu pada pelayanan kesehatan," terangnya.

Untuk selanjutnya Si Dul Kemit akan dikembangkan menjadi sebuah aplikasi berbasis android dan web based serta terdapat layanan telemedicine. Dengan begitu pasien dapat melakukan konsultasi online kepada dokter penanggung jawab pelayanan (DPJP) atau tenaga kesehatan lainnya yang di butuhkan.

“Nah untuk pengembangan telemedicin sendiri nantinya Karsa Husada akan membangun gedung center sendiri untuk berfokus pada penuntunan perawatan secara daring. Selain itu, juga disiapkan armada berupa 2 mobil ambulance dan dua motor untuk memperkuat aplikasi Si Dul Kemit tersebut,” ujarnya.

Tim yang datang nanti tentunya akan difasilitasi dengan dua kendaraan roda dua dan satu kendaraan roda empat. Pada awal RSUD Karsa Husada menyediakan 2-3 tim. Setiap timnya terdiri atas 2 orang. Jam operasional 24 jam.

Dijelaskannya, pelayanan Home Care "SiDul Kemit" dimaksudkan untuk mendukung pemenuhan pelayanan kesehatan masyarakat Kota Batu dalam rangka mempertahankan, meningkatkan, atau memaksimalkan tingkat kemandirian, dan meminimalkan akibat dari penyakit.

Pelaksana  pelayanan Home Care "Si Dul Kemit" adalah tim multidisipliner yang telah ditetapkan oleh direktur, meliputi dokter, psikolog, perawat, apoteker, tenaga kesehatan lain dan tenaga pendukung operasional lainnya yang melaksanakan tugas sesuai dengan kewenangannya.

“Jadi kami mau menambah layanan masyarakat mengenai Home Care yang mana diberikan kepada masyarakat yang kesulitan untuk datang ke RSUD Karsa Husada, sehingga tim akan jemput bola dan melakukan perawatan medis di rumah, bahkan warga yang berada di jarak 5 kilometer akan digratiskan," jelasnya.(vin/s)

 

#kota batu #RS Karsa Husada Batu