Selasa, 23 Juli 2024

Sepak Takraw Porprov Jatim VIII/2023, Empat Nomor Dipertandingkan Hari ini

Diunggah pada : 13 September 2023 23:49:55 584
Foto: diah JNR Kominfo Jatim

Jatim Newsroom -  Pertandingan Cabang Olahraga (Cabor) Sepak Takraw pada Porprov Jatim VII-2023 yang diadakan di GOR Seni Mojopahit hari ini mempertandingakan Nomor Tim Double Event Putra Putri. Pertandingan hari ini merupakan sesi babak penyisihan 16 besar dan 8 besar, dilanjutkan esok hari pertandingan menentukan regu yang lolos ke semi final dan final putra putri. 

Secara umum sistem penilaian Sepak Takraw adalah bila regu pertama dapat mencetak 21 poin terlebih dahulu, maka akan memenangkan set tersebut. Apabila terjadi skor seri 20-20 poin, maka wasit akan melakukan perpanjangan set, sehingga salah satu regu memiliki keunggulan dua poin atau maksimal mencapai 25 poin. Sepak Takraw terdiri dari 4 set, jika salah satu tim sudah memenangkan 3 set maka regu tersebut ditentukan sebabagi pemenang.

Cabor Sepak Takraw Porprov VIII Jatim 2023 kali ini memperebutkan 8 nomor yang terdiri dari 4 kategori putra dan 4 kategori putri. Nomor yang dipertandingkan, yaitu Nomor Beregu Putra/Putri, Nomor ElevenPutra/Putri, Nomor Quadran Putra/Putri dan Tim Dobel Putra/Putri. 

Menurut Panitia pelaksana cabor Sepak Takraw, Edy Santoso, ada yang berbeda di Porprov tahun ini. Perbedaan Porprov VIII Jatim 2023 dari tahun sebelumnya, yaitu biasanya cabor Sepak Takraw hanya mempertandingkan 2 nomor selama 6 hari. Sedangkan tahun ini, Panitia Pelaksana menggelar pertandingan cabor Sepak Takraw dengan 4 Nomor Putra dan 4 Nomor Putri yang berlangsung dalam waktu 8 hari, masing-masing nomor dilaksanakan selama 2 hari.

"Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya penurunan performa karena kelelahan,” terang Edy Santoso di sela-sela sesi wawancara. 

Adapun Atlet Jatim yang terdaftar pada PORPROV tahun ini, kata Edy, berjumlah 329 orang. Namun hanya ada 243 atlet yang terverifikasi. Hal ini dikarenakan beberapa faktor. Masing-masing kab/kota memiliki kesempatan untuk mengirimpkan 9 atlet putra 9 atlet putri, namun KONI Kab/kota belum tentu memiliki anggaran yang mencukupi untuk mengirimkan atlet terbaiknya sehingga terpaksa harus mengurangi jumlah atlet yang berlaga di PORPROV VII Jatim 2023 ini. 

Edy Santoso, yang juga Sekum Pengurus Propinsi Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Jawa Timur ini mengungkapkan dukungan dan harapannya untuk PORPROV Jatim. "Kami  diberi amanah oleh Pemprov Jatim dan KONI, sehingga kami akan akan mensupport dan menjalankan PORPROV tahun ini dengan baik. Keberhasilan event ini berkat dukungan semua pihak. Semoga PORPROV 2 tahun yang akan datang pelaksanaannya lebih siap dan semakin baik," ujarnya. 

Pada kesempatan yang sama, Edy mendorong pelatih kab/kota untuk lebih intens dalam mencari dan melatih atlet atlet muda berbakat dari masing-masing Kab/Kota. Menurutnya banyak atlet muda dan pemula yang memiliki potensi besar di Porprov Jatim tahun ini, sehingga berpeluang menjadi Atlet kebanggaan Jatim selanjutnya. (das-aar/s)

#PORPROV Jatim