Minggu, 5 Mei 2024

Sekjen OPOP Jatim Harapkan OPOP Kota Pasuruan Dorong Ponpes Maju Secara Ekonomi

Diunggah pada : 29 November 2023 16:07:22 39
Sekjen OPOP Jatim, Mohammad Ghofirin (baju batik coklat) saat menghadiri pelantikan Tim Penguatan dan Pengembangan OPOP Kota Pasuruan, di Pendopo Surga Surgi Kota Pasuruan, Rabu (29/11/2023). Foto : Dok. Sekjen Opop Jatim

Jatim Newsroom – Tim penguatan dan Pengembangan One Pesantren One Product (OPOP) Kota Pasuruan baru saja dilantik oleh Wali Kota Pasuruan, Syaifullah Yusuf, di Pendopo Surga Surgi Kota Pasuruan, Rabu (29/11/2023). Pada momen itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) OPOP Jawa Timur, Mohammad Ghofirin menyampaikan harapannya kepada Tim OPOP Kota Pasuruan yang baru saja dilantik, agar mendorong Pondok Pesantren (Ponpes) di Kota Pasuruan maju dan berkembang secara ekonomi. 

“Pesantren di Kota Pasuruan harus peduli pada urusan ekonomi, jadi selain keramat, pesantren di Kota Pasuruan harus bisa memberi nikmat. Baik Kenikmatan Jasmani maupun Kenikmatan Rohani. Hal ini bisa diraih dengan ikhtiar pemberdayaan ekonomi,” kata Sekjen OPOP Jatim yang biasa disapa Gus Ghofirin itu. 

Menurut Gus Ghofirin, saat ini fungsi pesantren disamping sebagai lembaga pendidikan agama dan lembaga dakwah, juga sebagai lembaga pemberdayaan masyarakat. “Mana mungkin pesantren bisa memberdayakan masyarakat kalau pesantrennya sendiri belum berdaya,” jelas Gus Ghofirin. 

Maka, kepada Tim OPOP Kota Pasuruan, Gus Ghofirin juga berharap, agar mereka dengan sepenuh hati dapat mendampingi pondok pesantren di Kota Pasuruan menjadi lebih berdaya secara ekonomi. 

“Kalau pesantrennya berdaya saya yakin masyarakat akan lebih sejahtera, karena apabila pesantren itu berdaya maka kegiatan ekonominya akan berjalan dengan baik. Dan pada titik tertentu akan melibatkan masyarakat di sekitar pondok pesantren. Sehingga dengan demikian cita-cita besar kita mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran di wilayah Jawa Timur termasuk Kota Pasuruan akan tercapai sesuai harapan,” pungkasnya. 

Diketahui, anggota Tim Penguatan dan Pengembangan OPOP Kota Pasuruan terdiri dari Wali Kota, Wakil Wali Kota, Sekda Kota Pasuruan, unsur OPD Kota Pasuruan, unsur Pondok Pesantren di Kota Pasuruan, Ormas Islam Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah Kota Pasuruan, serta Kemenag Kota Pasuruan. 

Sekda Kota Pasuruan Rudiyanto, didaulat menjadi Ketua Tim OPOP Kota Pasuruan, dan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskop UKM) Kota Pasuruan, Mokhamad Faqih, dilantik sebagai Ketua Harian Tim OPOP Kota Pasuruan.

Adapun tugas yang diemban Tim OPOP Kota Pasuruan ke depan, diantaranya adalah melakukan koordinasi dengan lembaga terkait, mengadakan kerja sama dengan organisasi atau lembaga terkait, menyiapkan dan melaksanakan kegiatan penguatan dan pengembangan program OPOP, membentuk sekretariat OPOP sesuai kebutuhan, melakukan seleksi dan menetapkan peserta OPOP, serta melaksanakan hasil pelaksanaan tugasnya pada Walikota Pasuruan. (vin/s)

#OPOP #Kota Pasuruan #OPOP Jatim #Sekjen OPOP Jatim #Tim OPOP Kota Pasuruan