Jumat, 20 September 2024

Seeding Run Dapat Ketahui 3 Pebalap Tercepat, Top 10 Atlet Akan Ikuti Seleknas SEA Games Thailand

Diunggah pada : 8 September 2024 21:44:33 42
Cabor Balap Sepeda. Sumber Foto: PB PON XXI/2024 Sumut

Jatim Newsroom - Cabang olahraga (cabor) balap sepeda PON XXI Aceh - Sumut 2024 di Tahura Bukit Barisan, hari ini telah merampungkan babak Seeding Run atau kualifikasi di nomor Individual Downhill (DHI) kategori putra dan putri. 

Mengutip laman ponxxi.sumutprov.go.id, Dadang Haries Purnomo dari Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) menjelaskan, Seeding Run dilaksanakan untuk mencari posisi pebalap yang terbaik pada Final Run atau babak final.

"Jadi, Seeding Run hari ini untuk menentukan hasil pebalap tercepat yang akan menempati posisi start paling terbelakang pada Final Run besok," ungkap Dadang di venue PON XXI 2024 Tahura Bukit Barisan, Desa Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, Karo, Minggu (8/9/2024).

Ia menyebut, keuntungan pada Seeding Run ini adalah pebalap yang tercepat akan lebih mudah untuk mengontrol lawan-lawannya, dikarenakan pebalap tersebut akan memulai lomba dari posisi start paling belakang.

"Keuntungannya di situ. Sebenarnya, dari posisi Seeding Run tersebut sudah terlihat siapa saja pebalap yang akan paling punya kans untuk menempati posisi satu sampai tiga," jelas Head Coach MTB Timnas Indonesia ini.

Meski demikian, kata dia, hal itu tidak serta merta menutup kemungkinan bagi atlet yang berada pada posisi empat sampai seterusnya, untuk dapat meraih kesempatan di posisi tercepat hingga mampu menjadi yang terbaik di nomor ini.

"Karena di nomor Downhill ini, masih banyak sekali kemungkinan yang bisa terjadi, berbagai faktor X dan sebagainya. Pada intinya, Seeding Run ini sangat bagus untuk melihat potensi-potensi pebalap yang akan punya peluang terbesar menjadi juara pada di Final Run nantinya," paparnya.

Sebanyak 10 orang pebalap sepeda PON XXI 2024 yang berhasil menempati posisi teratas di Final Run nomor DHI, akan mengikuti Seleksi Nasional (Seleknas) untuk persiapan mengikuti SEA Games 2025 di Thailand sebelum pelaksanaan Olimpiade Atlanta 2028 di Amerika Serikat.

"Kemarin pada Technical Meeting, sudah disampaikan langsung melalui zoom oleh Kepala Binpres PB ISSI, Bapak Budi Saputro bahwa dari hasil PON ini akan diambil 10 pebalap yang akan mengikuti seleksi nasional di SEA Games 2025 di Thailand," jelas Dadang Haries Purnomo.

Ia menyebut, para atlet ini nantinya akan ikut berlaga di SEA Games 2025 Thailand jika berhasil lolos pada Seleknas yang dilaksanakan. Menurutnya, keberhasilan di SEA Games Thailand, juga akan menjadi syarat bagi para atlet untuk dapat ikut di Olimpiade Atlanta 2028 di Amerika Serikat.

"Jadi di SEA Games Thailand nanti, informasinya akan banyak sekali nomor disiplin balap sepeda ini yang akan diperlombakan mulai dari road race, nomor trek, BMX, MTB. Di nomor MTB sendiri ada nomor Cross Country dan Downhill. Saya berharap, semua atlet dari provinsi di seluruh Indonesia, bisa menunjukkan potensi dan kemampuan di dalam PON kali ini," pungkasnya. (idc/s)

#PON #PON XXI 2024 #pekan olahraga nasional