Rabu, 8 Mei 2024

Sebanyak 35 PM hari ini di Lepas UPT PRSMP

Diunggah pada : 9 Juni 2022 17:16:15 73
Dinsos Jatim melalui UPT Perlindungan Dan Rehabilitasi Sosial Marsudi Putra (PRSMP) Surabaya melepas sebanyak 35 Penerima Manfaat (PM ) Angkatan I Tahun 2023.

Jatim Newsroom- Hari ini, Kamis (9/6/2022) Dinas Sosial Jatim melepas sebanyak 35 Penerima Manfaat (PM) di UPT Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Marsudi Putra (PRSMP) Surabaya Angkatan I Tahun 2023.

Sekretaris Dinas Sosial Jatim, Sukardi, yang mewakili Kadinsos Jatim, Alwi, mengatakan, generasi anak dan remaja harus bersiap menjawab tantangan ke depan untuk menjadi lebih mandiri. Di era saat ini bahkan mengharuskan untuk kreatif dan tangguh dalam bekerja.

namun di tengah sulitnya lapangan pekerjaan, tidak jarang kreatifitas disalahgunakan kepada hal-hal yang bertentangan dengan hukum, permasalahan anak semakin komplek dan berkembang sehingga banyak anak yang berpotensi maupoun sudah harus berhadapan dengan hukum.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Jatim melalui UPT PRSMP Surabaya berupaya meminimalkan dampak yang lebih buruk dengan melakukan pembinaan di dalam panti. Pembinaan ini mencakup pemberianm keterampilan dasar dan juga keterampilan sosial agar nantinya selepas dari UPT, anak dapat kembali menjadi pilar masyarakat dan bermanfaat bagi keluarga dan lingkungannya.

Dikatakan Sukardi, untuk mengarahkan menuju harapan yang lebih baik Pemprov Jatim memberikan bantuan stimulant yang dapat digunakan sebagai bekal dalam memulai berdikari.

"Jika kalian arif menggunakannya dapat dijadikan modal awal untuk maju. Kami harpakan pula orang tua dan Dinsos kabupaten setempat untuk turut serta membantu mendampingin anak-anak," ujar Sukardi pada anak-anak alumni UPT PRSMP.

Kepala UPT UPT PRSMP, Pingky Hidayati, mengatakan, program/kegiatan perlindungan dan rehabilitasi sosial di UPT PRSMP Surabaya, antara lain dengan memberikan perlindungan dan rehabilitasi sosial kepada sasaran pelayanan (AN dan ABH), sesuai dengan norma ketentuan yang berlaku. Selain itu juga mengembalikan rasa percaya diri dan harga diri anak agar dapat melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar di masyarakat dan mengembangkan potensi dan sumber daya anak kearah yang lebih produktif.

"Reahbilitasi ini bertujuan untuk memulihkan kepribadian, sikap, mental/kemampuan klien, sehingga mampu melaksanakanfungsi sosialnya," jelasnya.

Selama mengikuti program di UPT PRSMP Surabaya, para PM berkesempatan untuk mengikuti kegiatan keterampilan servis sepeda motor, las, mendapatkan pembinaan fisik, mental dan spiritual. Sejumlah 20 anak telah menyelesaikan pelatihan dan Praktek Belajar Kerja (PBK) untuk keterampilan bengkel sepeda motor, sedangkan15 anak lainnya untuk keterampilan bengkel las. (her/s) 

#dinsos