Jumat, 20 September 2024

Sebanyak 1.800 Prajurit Ikuti Upacara Militer HUT TNI AL ke-79 di Koarmada II

Diunggah pada : 10 September 2024 13:25:28 68

Jatim Newsroom- Sebanyak 1.800 prajurit  terdiri Komando Arda (Koarmada) II, Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Kodiklatal), Akademi Angkatan Laut (AAL), Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), Pusat Penerbangan TNl Angkatan Laut (Puspenerbal), Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II hingga Pasukan Marinir (Pasmar) 2, mengikuti upacara militer puncak peringatan HUT ke 79 TNI Angkatan Laut (AL)  di Dermaga Ujung Koarmada II, Surabaya, Selasa (10/9/2024).

 

Laksamana Muda TNI Ariantyo Condrowibowo Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II yang memimpin upacara mengatakan, di usia yang baru ini, TNI AL akan terus memperkuat kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi. “Seperti yang diamanatkan oleh Panglima TNI, prajurit Jalasena TNI Angkatan Laut harus siap mengikuti dinamika perkembangan situasi, baik itu secara regional, nasional, maupun global, terutama dengan kemajuan teknologi,” katanya sesuai upacara.

 

Ia mengatakan, kemajuan teknologi tidak akan ada gunanya jika manusianya tidak siap. Sehingga, segala ilmu dan pengetahuan akan perkembangan teknologi harus selalu dipelajari, untuk memastikan TNI AL siap dalam segala situasi. Oleh karena itu, prajuritnya sebagai sumber daya manusia, menyiapkan diri semaksimal mungkin untuk bisa menghadapi tantangan-tantangan itu,” tuturnya.

 

Dalam puncak peringatan hari jadi tersebut, selain menekankan pentingnya peningkatan kualitas SDM terhadap teknologi, juga dilakukan penyematan penganugerahaan tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI dan XXIV.

 

Ia mengatakan, peringatan HUT TNI AL juga merupakan bentuk menghormati jasa para pendiri Badan Keamanan Rakyat Bagian Laut (BKR Laut), yang dari BKR Laut tersebut, kemudian lahir TNI AL. Seperti diketahui, peringatan hari jadi melalui upacara militer tersebut, terpusat di perairan Jakarta dan secara serentak diikuti di berbagai wilayah di Indonesia.

 

Sebelumnya TNI AL yang berada di Surabaya, juga telah melakukan beberapa kegiatan, seperti ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional 10 November, Naval Base Open Day (NBOD), hingga pemecahan rekor muri makan bergizi bersama pelajar SD/MI. (hjr)

 

#Koarmada II