Jumat, 20 September 2024

Koarmada II Siapkan Alutsista dan Prajurit Dukung Wilayah IKN

Diunggah pada : 11 September 2024 11:27:51 67

Jatim Newsroom- Guna menjaga keutuhan dan kedaulatan negara, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menyiapkan prajurit hingga Alat Utama Sistem Senjata (alutsista) di wilayah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara Kalimantan Timur (Kaltim).

 

Hal itu disampaikan Panglima Koarmada (Pangkoarmada), II Laksamana Muda TNI, Ariantyo Condrowibowo usai pelaksanaan upacara puncak HUT ke-79 TNI AL di Dermaga Ujung Koarmada II, Surabaya. Selasa kemarin. "Tentu jika IKN nanti berkembang kami juga mengikuti gradual bersama perkembangan itu, termasuk alutsista dan fasilitas lainnya. Secara bertahap kami akan mengembangkan organisasi, juga memfokuskan daerah-daerah operasi," ucap  Pangkoarmada II

 

Selain itu, TNI AL juga akan meningkatkan Lanal Balikpapan sebagai pangkalan yang ada di lingkar luar IKN. Termasuk dengan dukungan sumber daya prajurit yang siap menghadapi berbagai tantangan. "Prajurit Jalasena TNI Angkatan Laut harus siap mengikuti dinamika perkembangan situasi, baik itu secara regional, nasional, maupun global, terutama dengan kemajuan teknologi," ungkapnya.

 

Pihaknya tengah menanti kebijakan dari kepala negara yang baru yang akan dilantik pada Oktober 2024 mendatang. Ia berharap kebijakan yang dicanangkan pemerintah dapat mendorong modernisasi Alutsista maupun prajurit TNI AL. "Kemajuan teknologi tidak akan ada gunanya jika manusianya tidak siap. Ilmu dan pengetahuan akan perkembangan teknologi harus selalu dipelajari, diharapkan prajurit TNI AL secara kemampuan harus terus berkembang maksimal sehingga siap disegala situasi," harapnya.(hjr)

#Koarmada II