Sabtu, 4 Mei 2024

SEA Games, Atlet Wushu Jatim Sumbang Emas Kontingen Indonesia

Diunggah pada : 17 Mei 2022 13:47:44 102
Atlet Wushu Jatim, Serat Naro Siregar peraih medali emas SEA Games Hanoi Vietnam. (Foto : Ist.)

Jatim Newsroom - Atlet wushu Jawa Timur Seraf Naro Siregar mempersembahkan emas ke-15 bagi Indonesia di SEA Games 2021 (SEA Games 2022) di nomor taolu daoshu dan gunshu pria.

Seraf menjadi pengumpul poin tertinggi di antara sembilan peserta di nomor yang sama. Dari dua sesi, Seraf mengoleksi 19,42 poin.

Medali perak diperoleh atlet Singapura, Jowen Si Wei Lim, sedangakan perunggu direbut wakil Malaysia Wai Kin Yeap.

Andalan Indonesia lain di nomor yang sama, Edgar Xavier Marvelo, menempati peringkat kelima dengan 19,15 poin.

Sementara Harris Horatius meraih medali perunggu cabang wushu nomor taolu nangun pria. Harris menempati peringkat ketiga dengan 9,69 poin. Sementara peraih medali emas Thein Than Oo asal Myanmar mengloksi 9,71 poin. Atlet tuan rumah, Quoc Khanh Pham, menduduki peringkat kedua dengan 9,70 poin.

Sebelumnya Nandhira Mariskha meraih perak di nomor taolu changquan putri. Nandhira mengemas 9,70 poin atau hanya kalah 0,01 poin dari atlet tuan rumha Thi Phuong Giang Hoang yang meraih emas.

Medali perunggu di nomor yang sama juga jatuh ke tangan atlet tuan rumah, Thuy Vi Dong.

Sebelumnya, atlet Wushu Jatim lainnya Alisya Mellynar meraih emas pertama setelah mengumpulkan angka 9,71, berjarak dua poin di atas peraih perak atlet Singapura Agatha Chrystenz dengan 9,69, sementara peraih perunggu Sy Xuan Sydney dari Malaysia meraih 9,68.

Sementara itu Ketua Umum KONI Jatim, Muhammad Nabil, mengaku bangga dan gembira dengan prestasi dua atlet Jatim ini.

"Saya bersyukur dua atlet Wushu Jatim yang dipanggil ikut SEA Games, keduanya meraih medali emas. Ini tentu menjadi kebanggaan bagi kami yang sudah membina mereka sejak junior terutama pelatih Sherly Hudiono yang sejak junior dan hingga saat ini menangani mereka. Meskipun Sherly tidak ikut SEA Games, tapi peran dia tentu sangat besar untuk kesuksesan Allysa dan Seraf Naro," kata Nabil, dalam rilis KONI Jatim, diterima Selasa (17/5/2022).

Nabil menambahkan, KONI Jatim juga sangat berterima kasih kepada Gubernur Khofifah Indar Parawansa yang selama perhatian dengan atlet-atlet Jatim. Bahkan mungkin hanya gubernur Jatim saja yang selama ini selalu memberikan tali asih kepada atlet-atlet yang berangkat ke event internasional termasuk SEA Games ini.

"Setahu saya hanya gubernur Jatim yang memberikan sangu kepada atlet-atlet Jatim bila memperkuat kontingen Indonesia. Kami sangat bangga dan terima kasih atas perhatian ini," tambah Nabil. 

Dengan tambahan satu emas dari cabang olahraga wushu, maka Indonesia hingga saat ini sudah mengemas 15 medali emas di SEA Games 2021.(pno)

#Wushu Jatim