Minggu, 5 Mei 2024

Jatim Tuan Rumah Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022

Diunggah pada : 15 September 2022 15:28:29 574
Ivan Hartono, Sekum Pengprov WI Jatim (sebelah kiri), Ketua Pengprov Wushu Jatim Soedomo Mergonoto (tengah) dan Dahlan Iskan Founder harian Disway.

Jatim Newsroom- Pengurus Provinsi (Pengprov) Wushu Indonesia Jawa Timur ditunjuk sebagai tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu Piala Presiden 2022, yang akan diikuti 456 atlet dari 21 provinsi

Kejuaraan itu juga disatukan dengan Final Stage Sirkuit Nasional (Series) Taolu Junior dan Jatim Open Wushu Championship 2022 yang diikuti 196 atlet dari 35 sasana.Total, 652 atlet bakal berlaga di Graha Unesa pada 16-22 September 2022.

Kejuaraan itu menghadirkan nomor-nomor yang lazim dipertandingkan di kejuaraan tingkat dunia, yakni Taolu, Sanda, plus Kung Fu. Istilah nomor Kung Fu tersebut menggantikan istilah Nomor Tradisional yang selama ini dipakai dalam kejuaraan. Itu mengacu pada keputusan Pengurus Besar Wushu Indonesia. ’’Dan nomor Kung Fu memang menjadi prioritas mengingat akan dimasukkan dalam PON 2024,’’ kata Sekretaris Umum Pengprov Wushu Jatim Ivan Hartono Putra, Kamis (15/9/2022).

’’Dengan padatnya nomor pertandingan, kami mengatur jadwal pagi, pukul 09.00, untuk Kejurnas sekaligus Final Stage Junior. Setelahnya, sore hari, baru dipertandingkan untuk Jatim Open,’’ ujar Ivan.

Rangkaian kejuaraan nasional dan terbuka (open) itu sudah dimulai sejak Jumat, 16 September 2022. Para atlet dan official akan mengikuti technical meeting di Student Center Universitas Negeri Surabaya sekaligus pemanasan (coba lapangan) di venue. Sebanyak 70 wasit dan juri juga berkumpul pada hari itu untuk membahas teknis penilaian. ’’Karena ini adalah kejurnas, maka juri pun berlevel nasional. Termasuk di dalamnya ada Bapak Wushu Indonesia IGK Manila dan Ketua Pengprov Wushu Jatim Soedomo Mergonoto,’’ kata Ivan.

Unsur alam dan budaya Jatim itu juga tampak pada sosok Xiao Hao, maskot kejuaraan. Xiao Hao digambarkan sebagai seorang anak yang sangat bersemangat. Ia memakai penutup kepala berbentuk ayam berkisar, maskot Jawa Timur. Di bajunya ada nyala api berwarna biru yang terinspirasi dari blue fire di Gunung Ijen, Bondowoso.’’Kami yakin, Jawa Timur akan mampu menjadi tuan rumah yang baik bagi para peserta. Mereka bisa berlomba-lomba mendulang prestasi di kejuaraan ini,’’ ujar Ketua Umum Pengprov Wushu Jatim Soedomo Mergonoto.

Pembukaan digelar Sabtu (17/9/2022) Pukul 18.00 WIB di Graha Unesa. Sejumlah tokoh dipastikan hadir. Di antaranya, Ketua Umum PB Wushu Indonesia Airlangga Hartarto, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Bapak Wushu Indonesia IGK Manila, Ketua Umum Pengprov Wushu Jatim Soedomo Mergonoto, dan founder Harian Disway Dahlan Iskan. (hjr)

 

#Wushu Jatim