Jumat, 17 Mei 2024

RSUD dr Harjono Ponorogo Kini Layani Pasien Batu Tanpa Bedah dan Instalasi Jiwa Terpadu

Diunggah pada : 4 September 2023 18:55:34 268
Seorang dokter di RSUD dr Harjono Ponorogo ketika mengoperasikan extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL) di ruangan khusus, Senin (4/9/2023). Foto : Insanul fadhil

Jatim Newsroom - Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, meresmikan dua layanan baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Harjono, yaitu layanan fasilitas extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL) dan instalasi jiwa terpadu (IJT), Senin (4/9/2023).

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengungkapkan bahwa penambahan fasilitas menunjukkan perkembangan RSUD dr Harjono sudah menyesuaikan kemajuan zaman. Menyandang tipe B, rumah sakit pelat merah itu mampu menyediakan fasilitas dan kemampuan pelayanan medik dengan minimal empat spesialis dasar, empat spesialis penunjang medik, delapan spesialis lainnya, dan dua subspesialis dasar.  

‘’Kalau memungkinkan, memiliki layanan unggulan yang tidak dipunyai rumah sakit lain di wilayah Madiun,’’ ungkap Kang Bupati, sapaan Bupati Sugiri Sancoko. Kang Bupati berpesan seluruh karyawan RSUD dr Harjono bersikap ramah terhadap para pasien. Sebab, pelayanan yang baik akan ikut andil mempercepat kesembuhan.

Sementara menurut direktur RSUD dr Harjono, Yunus Mahatma,  ESWL memanfaatkan teknologi tinggi untuk mengatasi penyakit batu ginjal dengan menggunakan gelombang kejut. Dengan ESWL, batu ginjal dapat dibuang tanpa melalui prosedur bedah. Metode ini diyakini efektif menghancurkan batu ginjal menjadi pecahan yang lebih kecil sehingga akan keluar bersama urine. ‘’Prosedur ini minim rasa nyeri dan bisa dilakukan tanpa rawat inap karena tidak perlu pembedahan,’’ terangnya. 

Bersamaan itu, penanganan pasien dengan masalah kejiwaan semakin intensif setelah RSUD dr Harjono membuka instalasi jiwa terpadu (IJT). Pelayanan rawat inap dan rawat jalan terhubung dalam satu ruangan. Ada 10 ruang rawat inap dengan seorang dokter spesialis kedokteran jiwa dan 15 perawat siap bertugas. ‘’Kami juga menggandeng  Pustu Paringan untuk memberikan layanan berupa rehabilitasi kesehatan jiwa,’’ terangnya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo