Jumat, 26 April 2024

Relawan PMI Tuban Sukses Gelar Volunteer Camp

Diunggah pada : 7 Oktober 2022 18:19:32 170
Kegiatan Volunteer Camp atau Perkemahan Relawan PMI Tuban yang digelar di Desa Dahor Kecamatan Grabagan

Jatim Newsroom -  Seluruh sukarelawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tuban yang tergabung dalam Forum Relawan (FOREL) PMI sukses gelar kegiatan Volunteer Camp atau Perkemahan Relawan yang pertama kali di Tuban, bahkan di Jawa Timur.

Kegiatan bertajuk karya bakti relawan ini dilaksanakan pada  6-7 Oktober 2022 di Desa Dahor Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi PMI  ke 77.

Pada kegiatan Volunteer Camp tersebut, ketua panitia, Joni Dwi Julianto, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan solidaritas antar anggota relawan Korps Sukarela (KSR) PMI yang berada di unit Perguruan Tinggi (Perti) dan Markas Kabupaten serta berkontribusi secara langsung terhadap isu yang di fokuskan di suatu daerah tertentu.

"Kegiatan ini selain meningkatkan solidaritas antar anggota KSR PMI Perti dan Markas Kabupaten juga bertujuan untuk melibatkan secara langsung relawan terhadap isu-isu yang ada di suatu daerah tersebut. Contohnya seperti Pelayanan kesehatan, Promosi Kebersihan, serta pembangunan Mandi Cuci Kakus (MCK)", ungkapnya.

Selain pelayanan kesehatan, promosi kebersihan dan pembangunan MCK, pemuda yang juga sebagai Koordinator FOREL tersebut berharap, kegiatan Volunteer Camp menjadi pilot project program kerja pengurus PMI Kabupaten Tuban, sehingga bisa dilaksanakan setiap tahun. "Kami berharap kegiatan ini menjadi kegiatan yang dimasukan dalam program kerja tahunan pengurus PMI Kabupaten Tuban, sehingga bisa dilaksanakan setiap tahun" tambahnya.

Sementara itu, Pemerintah Desa (PEMDES) Dahor tempat dilaksanakannya Volunteer Camp melalui Sekretaris Desa Ali Usman, mengucapkan banyak terimakasih kepada Relawan PMI Kabupaten Tuban yang telah melaksanakan kegiatan ini di Desa Dahor.

"Saya mewakili pemerintahan desa sangat-sangat berterimakasih kepada Relawan PMI Kabupaten Tuban yang telah mengadakan kegiatan Volunteer Camp di desa kami, sehingga melalui kegiatan ini warga kami sangat merasakan manfaat dari beberapa kegiatan didalamnya, seperti Pelayanan kesehatan, sosialisasi kebersihan serta pembangunan MCK untuk Umum," ungkapnya saat serah terima bangunan MCK oleh Pengurus PMI Kabupaten Tuban. (Aud/s)

#pmi