Jumat, 26 April 2024

Raih Anggakara Birawa, Jatim Jadi Provinsi Terbaik Kategori Instansi Pemerintah Outstanding Achievement

Diunggah pada : 16 Juni 2022 15:47:25 208
Foto;diah JNR

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur meraih penghargaan Anggakara Birawa sebagai provinsi terbaik kategori Instansi Pemerintah (IP) Outstanding Achievement, dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Penghargaan tersebut diraih setelah mengikuti Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4 oleh Kemenpan RB pada tanggal 23-30 Mei 2022 lalu.

Penghargaan diberikan langsung oleh Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Rini Widyantini, yang mewakili Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, kepada Kepala Dinas Kominfo Jatim, Hudiyono, di Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta, Kamis (16/6/2022). 

Dalam puncak penganugerahan itu, Rini berpesan kepada pengelola pengaduan agar menciptakan birokrasi yang tidak berbelit, terutama dalam alur pengaduan. “Pemerintah tidak boleh menutup mata dan telinga terhadap aduan masyarakat,” tegas Rini.

Dikatakannya, peraih Anggakara Birawa sebaiknya bisa berbagi pegetahuan dan pengalaman dalam mengembangkan sistem pengaduan masyarakat. Sementara bagi instansi yang belum meraih piala itu, diharapkan tidak berkecil hati, dan bisa belajar atau studi tiru dari instansi yang pengelola pengaduannya sudah baik.

Rini juga mengingatkan agar seluruh pengaduan masyarakat segera ditindaklanjuti oleh pengelola. Masyarakat tidak boleh menunggu lama atas aduan yang mereka berikan. Namun tidak sebatas tindak lanjut aduan. Unit yang mendapat aduan harus memperbaiki hal yang kurang baik di mata masyarakat. “Dan menganggap aduan tidak lagi sebagai kritik yang menjatuhkan pemerintah, tetapi sebagai sesuatu yang membangun perbaikan layanan,” ungkap Rini.

Dengan berkembangnya berbagai saluran digital, aduan masyarakat menjadi sangat krusial dalam perbaikan pelayanan. Aduan, masukan, serta kritik, menjadi salah satu cara agar masyarakat turut membantu pemerintah menciptakan pelayanan ideal.

Sementara itu, Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa, menyampaikan, agar pengelolaan pelayanan publik tetap berjalan baik, Kementerian PANRB mengadakan kompetisi yang bertujuan untuk menjaring, memotivasi, dan memberikan apresiasi kepada instansi pemerintah. Kompetisi yang digelar sejak awal tahun ini berhasil menjaring 573 pendaftar dari seluruh kementerian, lembaga, BUMN, BUMD, dan pemerintah kabupaten/kota di Indonesia. 

"Ditetapkannya Jatim sebagai yang terbaik kategori IP Outstanding Achievement berdasarkan hasil evaluasi lanjutan berupa wawancara melalui ruang virtual zoom meeting yang telah dilaksanakan pada Mei 2022 lalu," ujar Diah Natalisa.

Diah Natalisa kemudian menyampaikan, salah satu tujuan diselenggarakannya penganugerahan ini, yaitu sebagai strategi untuk memberikan contoh praktik baik kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, terutama dalam hal pertukaran pengalaman dan pembelajaran pengelolaan pengaduan pelayanan publik.

Kompetisi tahunan yang sudah diselenggarakan 4 kali ini, diselenggarakan berkat kerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kantor Staf Presiden, serta Ombudsman RI. Seperti tahun sebelumnya, kompetisi ini didukung pula oleh Korea International Cooperation Agency (KOICA) dan United Nations Development Programme (UNDP).

Sebagai informasi, Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4 ini berhasil menjaring 573 pendaftar dari seluruh kementerian, lembaga, BUMN, BUMD, dan pemerintah kabupaten/kota di Indonesia. Jumlah sebanyak itu kemudian disaring kembali menjadi 434 pengelola, dan terakhir disaring kembali menjadi 51 peserta, kemudian dikerucutkan menjadi 17 peserta.

Dalam sambutannya, Resident Representative UNDP Indonesia, Norimasha Shimomura, menyatakan bahwa UNDP bersama KOICA berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan partisipasi masyarakat Indonesia.

“Terutama dalam perencanaan pelayanan publik, pemerintahan yang inklusif, dan peningkatan layanan publik yang lebih baik salah satunya yaitu dengan mendukung suksesnya pelaksanaan Kompetisi P4 yang ke-4 ini,” ungkapnya, dalam acara yang juga disiarkan pada kanal YouTube resmi Kementerian PANRB.(sti)

Berikut Daftar Peraih Piala Anggakara Birawa

Kategori Outstanding Achievement 

1. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

2. Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Kategori Instansi Pemerintah

Aspek Pengelolaan dan Perubahan Terbaik:

1. Badan Kepegawaian Negara (BKN)

2. Pemerintah Provinsi Aceh

3. Pemerintah Provinsi Sumatra Barat

4. Pemerintah Kota Denpasar

5. Pemerintah Kabupaten Muara Enim

Aspek Keberlanjutan, Konektivitas, dan Dampak Terbaik:

1. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

2. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN

3. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

4. Pemerintah Kota Kediri

5. Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Kategori Unit Pelayanan Publik

1. Perumda Air Minum Tugu Tirta Pemerintah Kota Malang

2. Puskesmas Janti Pemerintah Kota Malang

3. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan

4. Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Tangerang

5. RSUD Bendan Pemerintah Kota Pekalongan.

#jatim #SP4N LAPOR!