Sabtu, 4 Mei 2024

Prof M Nuh : Mahasiswa Kedokteran Harus Melek Teknologi

Diunggah pada : 17 Oktober 2022 8:17:40 76
Prof. Dr. Ir. K.H. Mohammad Nuh, DEA

Jatim Newsroom - Ketua Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya (Yarsis), Prof. Dr. Ir. K.H. Mohammad Nuh, DEA mengingatkan untuk mahasiswa Kedokteran serta profesi ners atau perawat untuk tidak hanya menguasi ilmu yang ditekuni. Tapi juga mulai melek teknologi untuk bisa menghadapi kemajuan dalam dunia kesehatan.

Dikatakannya, saat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menggelar stadium Generale  dengan mengambil tema “Menghadapi tantangan dan peluang pelayanan kesehatan masa depan”, beberapa waktu lalu (15/10/2022).

Dengan kondisi ini, Nuh menyebut jika kemajuan ini menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa. "Dengan demikian yang harus dikuasi bukan ilmu yang digeluti saat ini tapi juga harus bisa menguasi komunikasi yang baik bagi pasien agar pasien lebih tenang saat berkonsultasi tentang kesehatan," ucap pria asli Surabaya ini.

Pria kelahiran 17 Juni 1959 ini berharap, mahasiswa Unusa kedepannya bisa menjawab tantangan kemajuan dalam dunia kesehatan dengan baik. "Selain itu mahasiswa Unusa bisa menjadi duta healthy style bagi masyarakat di lingkungan sekitarnya," terang Nuh.

Rektor Unusa, Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng menjelaskan, masyarakat saat ini sudah banyak yang memperoleh pendidikan sehingga membuat tingkat pendidikan masyarakat Indonesia akan semakin meningkat kearah yang baik. Hal ini dibarengi dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat. "Sehingga hal ini yang membuat tuntutan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat harus lebih baik," ungkapnya.

Kedepannya masyarakat tidak merasa puas jika melakukan perawatan di rumah sakit seperti saat ini. Namun masyarakat akan merasa puas dan nyaman jika menjalani perawatan di rumah. "Dengan fasilitas kesehatan sama persis seperti yang diterima di rumah sakit," ucap Jazidie.

Sehingga Jazidie berharap wajah kesehatan yang beda di Indonesia akan semakin baik. Mulai dari dokter, perawat hingga pelayanan rumah sakit akan semakin baik. "Kemajuan dunia kesehatan kita akan berjalan beriringan dengan kemajuan teknologi seperti saat ini," pungkasnya.(ern/s)

 

 

#unusa