Minggu, 19 Mei 2024

Prodi Matematika UIN Surabaya dan Peneliti LAPAN BRIN Bahas Rencana Kerjasama

Diunggah pada : 17 November 2023 12:40:40 21
Peneliti utama dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) yang merupakan bagian dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), menghadiri rapat bersama dengan Program Studi Matematika Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya. Sumber dok : UINSA Surabaya

Jatim Newsroom – Peneliti utama dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) yang merupakan bagian dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Nanang Widodo, menghadiri rapat bersama dengan Program Studi Matematika Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya.

Tujuan rapat ini adalah untuk membahas potensi kerjasama riset dan magang Mahasiswa Berprestasi Kampus Merdeka (MBKM). Tidak hanya itu, ada juga pembicaraan terkait kemungkinan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Fakultas Sains dan Teknologi yang menaungi prodi Matematika.

Seperti dipublikasikan dalam laman resmi UINSA Surabaya, Jumat (17/11/2023), Diskusi yang berlangsung di ruang rapat Prodi Matematika UIN Sunan Ampel Surabaya ini berfokus pada topik kegelapan langit dan sunspot matahari, dengan Nanang Widodo memberikan wawasan mendalam dari perspektif astrofisika. Pertemuan ini menjadi ajang untuk membahas peluang magang yang dapat diberikan kepada mahasiswa yang berpartisipasi dalam program MBKM. Nanang Widodo menyoroti nilai tambah pengalaman langsung di LAPAN bagi mahasiswa yang tertarik pada ilmu pengetahuan antariksa.

Sebagai bagian dari diskusi, muncul gagasan untuk memperluas kerjasama ini ke Fakultas Sains dan Teknologi. Nanang Widodo menyoroti pentingnya kolaborasi lintas disiplin dalam penelitian antariksa. Hal ini memunculkan kemungkinan MoU antara LAPAN BRIN dan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya.

Ketua Prodi Matematika UIN Sunan Ampel Surabaya, Yuniar Farida, MT, menyambut positif gagasan tersebut. “Kami melihat potensi yang sangat besar dalam kolaborasi lintas disiplin ini. Dengan melibatkan Fakultas Sains dan Teknologi, kami berharap dapat mengoptimalkan potensi riset dan memberikan pengalaman magang yang lebih komprehensif bagi mahasiswa,” ungkap Yuniar Farida.

Pertemuan diakhiri dengan kesepakatan untuk melanjutkan pembicaraan terkait MoU dengan Fakultas Sains dan Teknologi. Kedua belah pihak menyadari bahwa kerjasama ini dapat membuka pintu bagi proyek-proyek riset yang lebih besar dan memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang antariksa dan teknologi. Harapannya, kerjasama ini dapat menciptakan sinergi yang bermanfaat bagi kedua institusi. (ryn/s)

#uinsa #UIN Sunan Ampel Surabaya