Sabtu, 27 April 2024

Ponorogo Peringatan Hari Keselamatan Pasien Sedunia

Diunggah pada : 20 September 2023 19:08:40 32

Jatim Newsroom - Ketika pasien diposisikan sebagai mitra selama proses perawatan, maka terjadi peningkatan yang signifikan dalam hal keselamatan dan kepuasannya. Pesan itu tersirat dalam peringatan Hari Keselamatan Pasien Sedunia di Sasana Praja Ponorogo, Selasa (19/9/2023). World Health Organization (WHO) mengusung tema Hari Keselamatan Pasien Sedunia 2023 berupa ‘’Engaging Patients for Patient Safety’’ atau ‘’Pelibatan Pasien untuk Keselamatan Pasien.’’

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dan Wakil Bupati Lisdyarita ikut hadir dalam peringatan Hari Keselamatan Pasien Sedunia yang diikuti sekitar 600 peserta berasal dari fasilitas layanan kesehatan milik pemerintah dan swasta itu. Kang Bupati Sugiri Sancoko mengharapkan seluruh fasilitas layanan kesehatan di Ponorogo mengutamakan keselamatan pasien.  

‘’Layani pasien dengan sebaik-baiknya, senyum dan pelayanan yang baik adalah separo dari kesembuhan,” katanya.

Setiap fasilitas pelayanan kesehatan wajib melaksanakan standar keselamatan pasien sesuai amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan. Kang Bupati mencermati fasilitas layanan kesehatan di Ponorogo baik negeri maupun swasta sudah berupaya meningkatkan pelayanan dengan memperhatikan kepentingan para pasien dan atau keluarga mereka. ‘’Pasien adalah partner (mitra) dalam proses pelayanan kesehatan,’’ jelasnya.

Tema World Patient Safety Day (Hari Keselamatan Pasien Sedunia) 2023 seolah memberikan pengakuan atas peran penting pasien dan keluarganya dalam keselamatan layanan kesehatan.  Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Ponorogo Dyah Ayu Puspitaningarti mengungkapkan bahwa pasien memiliki potensi besar untuk berperan aktif dalam menjaga keselamatan mereka sendiri serta mencegah terjadinya kesalahan medis dan insiden yang tidak diinginkan. ‘’Pasien berhak memilih penyedia layanan yang paling sesuai dan mendapat kepastian diagnosis yang tepat,’’ ungkapnya. 

Selain itu, hak pasien menentukan perawatan yang paling efektif. Kadinkes menyebut peringatan Hari Keselamatan Pasien Sedunia tanggal 17 September setiap tahun akan selalu menekankan prioritas keselamatan pasien.  Butuh aksi nyata untuk mengurangi risiko dalam perawatan kesehatan. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo