Jumat, 26 April 2024

PMI Jember Salurkan Bantuan Air Bersih Kepada 205 Kepala Keluarga

Diunggah pada : 5 September 2022 16:48:49 49
Tim PMI Jember saat mendistribusikan bantuan air bersih di Lingkungan Tegal Rejo RT 04/ RW 12, Jember Lor, Kecamatan Patrang

Jatim Newsroom – Musim kemarau yang berlangsung cukup panjang membuat beberapa wilayah di Kabupaten Jember mengalami kesulitan  ketersediaan air bersih. Hal tersebut  dirasakan oleh  205 Kepala Keluarga yang berada di wilayah Kelurahan Gebang dan Jember Lor, Kecamatan Patrang, Jember.  Bahkan sumur resapan yang biasa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warga  juga telah lama kering.

Guna meringankan beban masyarakat yang terdampak krisis air bersih, Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten  Jember terus melakukan pendistribusian air bersih pada warga yang membutuhkan.

Pada Senin (05/09/22),  PMI bersama BPBD  Jember kembali melakukan distribusi air bersih pada warga yang tinggal di Jl. Manggar XI, Lingkungan Poreng RT 1,2,3 / RW 1 sebanyak 154 KK dan Jl. Manggar gang Jambu, Lingkungan Tegal Rejo RT 04/ RW 12, Jember Lor, Kecamatan Patrang sebanyak 51 KK.

Beberapa warga  tampak membawa sejumlah tempat penampungan air seperti bak, jerigen hingga galon bekas air mineral yang telah disiapkan sebelum truk tangki datang.  Bantuan  sangat diharapkan oleh  warga yang selama ini membutuhkan air bersih untuk menunjang keperluan sehari hari, baik  mandi maupun air minum keluarga.

” Dengan adanya bantuan air bersih dari PMI dan BPBD, warga disini tidak lagi kebingungan untuk mendapatkan air untuk minum sehari hari,” kata Misnanto, salah seorang warga saat ditemui.

Demi memudahkan akses warga mendapatkan air bersih, armada truk tangki air dari PMI dan BPBD Jember  sengaja dimasukkan ke lokasi terdampak dengan melewati medan jalan yang kecil . “ untung truk tangki bisa masuk meski jalan sangat sempit, jadi kita tidak perlu berjalan jauh untuk membawa air ke rumah, “ tambah Sumiati, warga yang sedang mengambil air.

Sebanyak 120 ribu liter air bersih telah di distribusikan ke warga terdampak yang ada di dua kelurahan di kecamatan patrang. Bantuan yang sama terus dilakukan oleh PMI dan BPBD Jember sampai sumur milik warga yang telah lama kering kembali mengeluarkan air yang bisa dikonsumsi untuk kebutuhan sehari hari.

“ Kami dari PMI akan terus membantu warga terdampak untuk mendistribusikan air bersih yang saat ini sangat dibutuhkan oleh mereka. Begitu juga dengan BPBD, juga melakukan hal yang sama guna meringankan beban warga di Kecamatan Patrang, “ ujar .H.Mohammad Thamrin,  Ketua PMI Jember. (aud/s)

#pmi