Jumat, 26 April 2024

PMI Jatim Lakukan Penilaian Kapasitas Organisasi di Jember

Diunggah pada : 15 Juni 2022 15:28:35 68
Fasilitator tim BOCA saat menjelaskan prosedur penilaian di PMI Jember

Jatim Newsroom – Palang Merah Indonesia (PMI)  Jawa Timur melakukan penilaian kapasitas organisasi atau Branch Organizational Capacity Assessment (BOCA) pada PMI Kabupaten Jember. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapasitas organisasi ini berlangsung di Aula Markas PMI Kabupaten Jember  mulai tanggal 13 - 15 Juni 2022. Penilaian akan dilakukan oleh tim khusus atau para fasilitator BOCA.

Dalam sambutanya Ketua PMI Kabupaten Jember, Zaenal Marzuki, menyampaikan, penilaian BOCA ini untuk mengukur kapasitas dan kinerja suatu organisasi, sehingga bisa dilakukan evaluasi sekaligus peningkatan kapasitas melalui pendekatan-pendekatan yang tepat untuk pengembangan organisasi PMI.

"Penilaian BOCA ini juga untuk mengurai berbagai permasalahan PMI yang ada di daerah. Karena hambatan dan tantangan di masing-masing daerah akan berbeda satu dengan lain,“ ujarnya saat diwawancarai di ruang kerjanya pada Kamis (15/06/2022).

Zaenal juga menambahkan bahwa BOCA digunakan sebagai perangkat penilaian kapasitas organisasi PMI di kabupaten/kota untuk mengembangkan sekaligus untuk memperkuat PMI. Tujuan utamanya adalah pelayanan terhadap masyarakat akan terus membaik dan  mempertahankan kapasitas pelayanan PMI dan ketangguhan (resilience).

Untuk indikator penilaian BOCA meliputi berbagai aktivitas dan pelayanan yang dilakukan oleh PMI Kabupaten Jember. Antar lain kapasitas kualitas sumber daya manusia, pengembangan PMR dan relawan komunitas, keanggotaan, kepalangmerahan, pemantauan dan evaluasi pelayanan, dan pengembangan sumber daya dan penggalangan dana yang berkelanjutan untuk tetap melakukan pelayanan kepada masyarakat, terutama saat tanggap bencana.

Tim BOCA dari PMI Provinsi Jatim akan menilai semua komponen organisasi yang ada di PMI Kabupaten Jember mulai dari pengurus, relawan, pegawai dibidang pelayanan, administrasi, keuangan, UDD PMI dan Klinik Pratama PMI. Selain itu faktor peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia PMI mulai dari kepengurusan yang sesuai dengan AD/ART, masa kepengurusan aktif selama lima tahun termasuk dalam penilaian. Bahkan kesinabungan program yang terwujud melalui pelaksanaan musyawarah Kerja setiap tahun serta Orientasi Kepalang Merahan menjadi unsur penilaian dalam kegiatan BOCA kali ini.

Sebagai informasi tambahan bahwa selain di PMI Kabupaten Jember,  penilaian BOCA juga dilakukan oleh  PMI Jatim  di tiga kabupaten lainnya, meliputi  PMI Kabupaten Situbondo, PMI Kabupaten Pamekasan dan PMI Kabupaten Ponorogo.(aud/s)

#pmi