Jumat, 3 Mei 2024

PKK Kabupaten Mojokerto Gelar Rapat Pleno

Diunggah pada : 13 November 2023 16:17:47 23
Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Mojokerto menggelar rapat pleno di Pendapa Graha Maja Tama (GMT), Senin (13/11/2023). Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Mojokerto menggelar rapat pleno di Pendapa Graha Maja Tama (GMT), Senin (13/11/2023). 

Seperti dipublikasikan dalam rilis Humas Pemerintah Kabupaten Mojokerto, kegiatan rapat pleno yang ke-11 ini, sebagai upaya dalam memantapkan 10 program pokok PKK. Program tersebut berdasarkan realitas program yang telah ditetapkan oleh masing-masing daerah setempat. 

Selain itu, untuk mewujudkan peranan TP PKK sebagai mitra kerja pemerintah yang strategis dalam mendukung terlaksananya program pemerintah yang sinergi dengan 10 program pokok PKK.

Dalam kesempatan ini Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengungkapkan, saat ini bangsa Indonesia maupun dunia dihadapkan pada peningkatan suhu udara yang diakibatkan pemanasan global dan disebabkan oleh masyarakat yang kurang peduli terhadap lingkungan.

"Semuanya terjadi akibat dari perbuatan kita semuanya, dulu kita sudah pernah lakukan sosialisasi penanganan sampah, bahwa sampah jangan dibakar dan akibatnya menjadi sangat luar biasa," tuturnya.

Lebih lanjut, terkait kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup, terdapat tiga faktor yang mempengaruhinya yakni pertumbuhan penduduk, perubahan ekonomi, dan perubahan pola konsumsi atau gaya hidup. 

Bupati Mojokerto juga menilai, dalam menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, dapat dimulai dari anak usia dini dengan cara memberikan berbagai kegiatan terkait kepedulian lingkungan.

"Di sekolah formal ada sekolah Adiwiyata, nah ini mau tidak mau TP PKK saya minta tolong untuk di wilayahnya masing-masing nanti koordinasi dengan desa bagaimana mulai dari anak usia dini. Anak-anak itu dikenalkan dengan berbagai kegiatan yang mendukung sekolah hijau atau sekolah Adiwiyata," ujarnya.

Di akhir arahannya, Bupati Ikfina mengajak seluruh kader TP PKK untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan serta menyebar luaskan pola hidup ini kepada seluruh masyarakat dalam upaya menjaga lingkungan hidup.

"Mudah-mudahan bermanfaat, ini tadi menyisakan PR kepada Ketua TP PKK kecamatan untuk menindaklanjutinya ke tim penggerak PKK desa. Kita harus bersama-sama tidak bisa dilaksanakan sendiri-sendiri, tidak bisa dilaksanakan oleh setiap pihak saja, tetapi semuanya harus sama-sama," pungkasnya. (idc/s)

#Kabupaten Mojokerto #PKK #Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga