Kamis, 13 Juni 2024

Dinkes Kabupaten Mojokerto Kenalkan Profesi Tenaga Kesehatan kepada Anak Usia Dini

Diunggah pada : 30 April 2024 4:46:00 31
Program Sabtu Sehat di Puskesmas bersama anak TK (Santika) di Kabupaten Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto memperkenalkan profesi tenaga kesehatan dan pelayanan puskesmas kepada anak usia dini. Salah satu upaya yang dilakukan melalui Sabtu Sehat di Puskesmas bersama anak TK (Santika).

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto (30/4/2024), rangkaian kegiatan pertama berupa senam sehat bersama dengan sedikitnya 50 anak usia dini dan wali murid.

Bertempat di Puskesmas Dawarblandong, setelah melaksanakan senam bersama, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, mengajak anak-anak TK Negeri Pembina 1 Dawarblandong berkeliling mengunjungi ruangan untuk mengenalkan alat-alat medis beserta berbagai pelayanan yang ada di puskesmas.

"Kegiatan Sabtu Sehat di Puskesmas bersama anak TK ini tujuan utamanya adalah anak-anak ini biar mengenal profesi sebagai dokter dan pelayanan yang ada di Puskesmas. Supaya apa? anak-anak ini mengenal macam-macam profesi di kesehatan seperti dokter, perawat dan bidan," ucapnya.

Tidak hanya itu, lanjut Ikfina, program Santika ini juga sebagai sarana edukasi anak-anak mengenal alat-alat yang digunakan dalam dunia kesehatan.

“Ini juga memberikan pembelajaran bahwa puskesmas tidak jadi tempat yang menakutkan tapi puskesmas menjadi lebih ramah. Setelah kunjungan ini, diharapkan menambah ilmu pengetahuan dan wawasan anak-anak dalam mengenal dunia kesehatan," terang Bupati yang berlatarbelakang seorang dokter tersebut.

Sebelumnya, Kepala UPT Puskesmas Dawarblandong, Deny Setiyawan mengatakan kegiatan ini sangat positif untuk anak-anak dan berharap agar kegiatan Santika ini berkesinambungan.

"Kegiatan ini nanti bisa memotivasi anak-anak dari TK Pembina 1 Dawarblandong ingin yang jadi dokter jadi perawat dan bidan dan memperkenalkan alat-alat kesehatan dan tugas pokok untuk jadi dokter jadi perawat dan bidan," ujarnya. (idc/s)

#Kabupaten Mojokerto #puskesmas #tenaga kesehatan