Rabu, 8 Mei 2024

Perkuat Sinergitas, Komnas Pendidikan Jatim Audensi dengan Pemkot Surabaya

Diunggah pada : 22 April 2022 14:18:59 122
Ketua Komnas Pendidikan Jawa Timur, Kunjung Wahyudi (dua dari kiri) memaparkan program kerja.

Jatim Newsroom - Guna memperkuat program kerja Komisi Nasional (Komnas) Pendidikan Jawa Timur dan Kota Surabaya melaksanakan kunjungan sekaligus silaturrahim ke Walikota Surabaya di gedung Balai kota Surabaya, Jumat (22/4/2022).

Dalam kunjungan sekitar pukul 09.00 WIB, pihak Komnas Pendidikan diterima Asisten I Pemkot Surabaya, Erna Purnawati didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan kota Surabaya, Ida Widayati, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kota Surabaya.  Ketua Komnasdik Jawa Timur, Kunjung Wahyudi bersama Ketua Komnas Pendidikan Kota Surabaya, Jatim M.A, didampingi  Sekretaris Komnas Pendidikan Kota Surabaya, Mardi dan Yuda Panuluh Humas Komnasdik Kota Surabaya serta Agus Irian Pembina UMKM Bersatu.

Ketua Komnas Pendidikan Jawa Timur, Kunjung Wahyudi menjelaskan, ada tiga hal yang perlu dilakukan kolaborasi dan sinergitas di bidang pendidikan yaitu :

1. Sosialisasi undang-undang, Peraturan Menteri dan Perda tentang Pendidikan ke masyarakat dan industri, agar masyarakat paham dan ikut serta terlibat dalam membangun pendidikan di Kota Surabaya.

2. Pendampingan Hukum untuk sekolah dan madrasah terkait pengaduan masyarakat ke pihak kepolisian dan kejaksaan.

3. Kolaborasi bidang Pendidikan dengn pelaku UMKM Kota Surabaya.

Ditempat yang sama, Asisten Pemkot I kota Surabaya, Erna Purnawati sangat mengapresiasi dan mendukung penuh agar peran Komnas Pendidikan di masyarakat terlihat karyanya dalam membantu memperbaiki pendidikan di kota Surabaya. 

"Masyarakat perlu dipahamkan tentang berbagai pungutan yang dilakukan oleh sekolah dan madrasah agar tidak dengan mudah sedikit-sedikit lapor ke kepolisian. Jika pendampingan hukum bisa diberikan kepada pelaku pendidikan di Kota Surabaya, maka guru dan kepala sekolah akan bisa fokus dengn tugas-tugas rutinitas sehari-hari", terang Bu Erna.

Erna menambahkan, UMKM bisa dimulai dari sekolah karena setiap sekolah mempunyai kantin, sehingga bisa dikelola secara maksimal dengan produk-produk dari para siswa. 

"Kegiatan Festival Ekonomi Kreatif Surabaya Go Green 2022, sangat bagus dan Pemkot akan mendukung kegiatan tersebut", tutup bu Erna. (pno/n)

#komnasdik Jatim