Rabu, 8 Mei 2024

Komnasdik Jatim dan Kompakdesi Nganjuk Kerjasama Tingkatkan Mutu Pendidikan

Diunggah pada : 14 Juni 2023 9:45:30 92
Pertemuan Kompakdesi Kabupaten Nganjuk.

Jatim Newsroom -Komnas Pendidikan (Komnasdik) Jawa Timur bekerjasama Komunitas Purna Bakti Kepala Desa dan Lurah Seluruh Indonesia (Kompakdesi) Wilayah Kabupaten Nganjuk untuk meningkatkan mutu pendidikan. 

"Selamat dan terus semangat buat pengurus Kompakdesi Kabupaten Nganjuk, terus bergerak untuk peningkatan perekonomian dan pendidikan di daerah," ujar Ketua Komnasdik Jatim Kunjung Wahyudi di Desa Ngudikan Kecamatan Wilangan Kabupaten Nganjuk, Rabu (14/6/2023).

Ia mengapresiasi Kompakdesi Nganjuk dalam melaksanakan visi misi, terutama menjalin kemitraan dengan pemerintah dan lembaga non pemerintah dalam rangka mempercepat pemberdayaan dan pembangunan. "Bahwa hasil dari pertemuan tersebut adalah akan dilakukan MoU untuk membantu masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan dan pemberdayaan pelaku UMKM," papar Ketua Kunjung Wahyudi.

Kegiatan bersama yang dilakukan dalam bentuk seminar, pelatihan, workshop dan juga peninjauan langsung ke masyarakat desa tentang hasil pemberdayaan masyarakat Kabupaten Nganjuk di bidang ekonomi kreatif. 

Komnasdik Jatim juga berharap Kompakdesi dan pemerintah daerah bersinergi dan berkolaborasi dengan Kompakdesi Kabupaten Nganjuk dalam rangka mempercepat peningkatan mutu pendidikan dan pemberdayaan masyarakat desa terhadap potensi produk unggulan lokal Kab Nganjuk.

Sementara, Ketua Kompakdesi Kabupaten Nganjuk, Dedik Setyawan menjelaskan perkumpulan ini sebagai wadah untuk mewujudkan Komunitas Purna Bakti Kepala Desa dan Lurah Seluruh Indonesia yg bermartabat, profesional, maju dan sejahtera di segala bidang sebagai pendukung dalam pemberdayaan desa serta penunjang pembangunan nasional. 

Sedangkan misi Kompakdesi adalah menjalin tali silahturrohmi, keakraban dan persaudaraan sesama purna bakti kepala desa dan lurah seluruh Indonesia. Mengembangkan Prinsip demokrasi dalam memajukan kelembagaan perkumpulan. Meningkatkan profesionalisme pengurus dan turut menyejahterakan anggota perkumpulan. Menjalin kemitraan dengan pemerintah dan lembaga non pemerintah dalam rangka mempercepat pemberdayaan dan pembangunan. Memperkuat posisi dan eksistensi purna bakti kepala desa dan lurah sebagai kekuatan masyarakat bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Harapan kami Kompakdesi Nganjuk mendukung figur asli Nganjuk Bapak Kunjung Wahyudi supaya punya DPD asli putra daerah bisa membantu UMKM daerah dan bisa memberi program yang tujuannya bisa merubah Nganjuk lebih maju dari daerah lainnya," terang Dedik Setyawan  (pno/hjr)

#komnasdik Jatim #Kompakdesi Kabupaten Nganjuk