Jumat, 3 Mei 2024

Peringati Hari Kartini, Srikandi Dinsos Jatim Pakai Baju Tradisional

Diunggah pada : 22 April 2022 16:37:55 229
Srikandi UPT RSBN) Malang

Jatim Newsroom -Momen Hari Kartini yang jatuh tanggal 21 April diperingati dengan cara berbeda oleh Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Netra (UPT RSBN) Malang Dinas Sosial (Dinsos) Jatim.

Para srikandi di RSBN Malang dan jajaran mengenakan baju tradisional untuk memperingati dan menghormati perjuangan RA Kartini.

"Untuk memeriahkan acara, Kartini RSBN berkeliling sekitar UPT dengan menaiki becak motor," ujar Kepala UPT RSBN Malang, Firdaus Sulistijawan melalui Kasi Rehsos, Anantya Wulandari Jumat (22/4/2022).

Ia mengatakan, tujuan peringatan Hari kartini adalah untuk memperingati dan menghormati perjuangan RA Kartini dalam mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan di era modern, yang secara khusus terutama dalam bidang pendidikan dan secara umum kesetaraan gender di semua bidang.

Dengan memakai pakaian tradisional menurutnya, akan memberikan makna perjuangan Kartini untuk kaum perempuan merupakan momen mengenalkan budaya pada generasi penerus bangsa, dan melestarikan kekayaan budaya Indonesia, serta untuk menghargai perjuangan Raden Ajeng Kartini, yang dikenal sebagai tokoh emansipasi wanita.

“Perayaan ini selayaknya mengandung makna mendalam mengenai emansipasi perempuan, dan mengingatkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk terus konsisten memperjuangkan keadilan gender,” tambahnya. (Hen/hjr)

#dinsos #malang